Kini Gmail Tersedia dalam 57 Bahasa

California – Layanan email dari Google, Gmail, kini tersedia dalam 57 bahasa. Salah satunya adalah bahasa Cherokee. Seperti apa?

Seperti dikutip dari Mashable, Cherokee adalah satu-satunya bahasa Iroquoian Selatan (bahasa natif Amerika Utara), yang masih digunakan.

Hanya sedikit orang berbicara dengan bahasa Cherokee hari ini. Dengan fitur baru Gmail ini, diharapkan agar salah satu bahasa asli bangsa Amerika ini bisa tetap lestari.

Untuk membuatnya lebih mudah, Google juga menambahkan keyboard virtual untuk mengetik abjadnya yang beda tersebut, sama seperti di Google Web Search yang sudah mendukung bahasa Cherokee sejak akhir Maret 2012..

Sebelumnya, perangkat iPhone dan iPad juga mendukung Cherokee semenjak Desember 2010. Pada saat itu, Cherooke Chief, Chad Smith, meminta Google mendukung bahasa tersebut. Sumber: Inilah.com | Mashable

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: