KLook 2.0: Kini Lebih Sempurna

Satu lagi kabar dari ROSA Lab yang patut anda perhatikan, bagi pengguna ROSA Desktop (khususnya versi KDE). KLook, plugin Dolphin yang berfungsi sebagai previewer sebuah folder kini disempurnakan dan telah masuk rilis mayor 2. Versi terupdate sudah masuk di ABF dan akan segera dipush ke repositori ROSA.

Salah satu pembaruan yang menarik dari Klook 2.0 ini adalah kemampuan preview filesistem remote. Kini dengan Klook anda bisa melihat file/folder anda di FTP, SMB, atau WebDAV dan hampir semua protokol yang didukung oleh Dolphin.

Pembaruan lain yang cukup berarti antara lain perubahan coding modus Gallery dari berbasis QML ke murni C++, sehingga kualitas preview bisa lebih tajam.

Bagi anda pengguna ROSA, fitur ini sudah bisa anda nikmati dengan menambahkan repositori ABF. Bagi pengguna KDE selain ROSA, tampaknya anda harus bersabar karena maintainer Dolphin di KDE masih menolak menyatukan KLook di Upstream KDE. Pyuuh! saatnya berpindah ke ROSA!

(saya sudah pindah ke ROSA Linux sejak kemarin, walaupun belum fully-moved, karena hanya upgrade. Nunggu Moondrake dirilis Januari tahun Depan)

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: