Menggunakan MintMenu di Mandriva 2011/ROSA Marathon 2012

Saya sangat suka dengan performa desain LinuxMint yang kian inovatif, sudah keluar dari pakem Ubuntu dan menggembangkan banyak software in-house yang menjadi ciri khas darinya. Salah satu bagian software in-house dan sebagian desain LinuxMint yaitu launcher menu yang khas, MintMenu.

MintMenu adalah salah satu launcher menu yang saat ini digunakan secara default pada distribusi Linux Mint (http://linuxmint.com). MintMenu adalah salah satu widget bagi GNOME Panel, atau Cinnamon/MATE (yang merupakan fork-nya). Nah, untuk menggunakan MintMenu di distribusi berbasis Debian/Ubuntu, cukup mudah karena memang dikembangkan pada environment Debian/Ubuntu. MintMenu ditulis dalam bahasa python, dan syukurlah sudah ada yang memporting MintMenu ke keluarga RPM (thanks SUSE! hehe).

Berikut adalah cara untuk menikmati MintMenu di Mandriva/ROSA. Syaratnya anda harus menggunakan Mandriva/ROSA Gnome Edition.

1. Unduh dulu paket MintMenu versi 5.1.6, kita ambil dari repo Fuduntu.
untuk versi 32bit: ftp://ftp.pbone.net/mirror/ftp.sourceforge.net/pub/sourceforge/f/fu/fuduntu/yum/2012/STABLE/RPMS/mintmenu-5.1.6-22.1.i686.rpm

untuk versi 64bit:
ftp://ftp.pbone.net/mirror/ftp.sourceforge.net/pub/sourceforge/f/fu/fuduntu/yum/2012/STABLE/RPMS/mintmenu-5.1.6-22.1.x86_64.rpm

2. Install dengan urpmi.

sudo urpmi mintmenu-5.1.6-22.1.i686.rpm

3. Logout dari GNOME Session, dan login ulang.

4. Tambahkan widget MintMenu ke panel GNOME.

Tambahkan MintMenu ke Panel GNOME

5. Atur dan lock ke panel.

Sekarang, rasa Mandriva/ROSA sudah lebih mint!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: