Menghapus File/Harddisk Secara Aman dengan Ubuntu Live CD

Tips berikut dapat anda gunakan saat anda membutuhkan perangkat lunak untuk menghapus data atau memformat partisi secara aman sampai akhirnya Laptop atau PC atau harddisk anda aman untuk dijual/dipindahtangankan. Yang perlu disiapkan hanya Ubuntu LiveCD, usahakan yang terbaru (11.10 saat tulisan ini terbit).

Langkah Pertama, Pastikan NIAT anda!

Pastikan niat anda, sesuaikan kebutuhan. Jika memang harddisk anda tidak berisi data-data sensitif dan penting, opsi menghapus secara aman (shredding) ini bisa anda tinggalkan. Cukup format biasa dengan tool bawaan Windows.

Kedua, Cek dan BackUp File

Jangan lupa, untuk cek dan ricek lagi mana-mana file yang harus anda backup. Jangan sampai menyesal.

Ketiga, Booting LiveCD Ubuntu

Booting LiveCD Ubuntu atau distro linux lain yang mendukung modus livecd. Media booting bisa berupa DVD, CD maupun USB (pilih LiveUSB saja lebih cepat, tapi bikinnya cukup repot).

Tips: Menghapus Satu-Dua File penting

Untuk menghapus satu-dua file penting, secara umum distro-distro linux sudah dilengkapi tool bawaan GNU, yaitu GNU Shred. Untuk menggunakannya silakan jalankan terminal dan masukkan perintah:

shred namafile

jika aplikasi shred belum ada, silakan coba install atau pakai distro linux lain.

Tips Menghapus Seluruh Partisi

Untuk menghapus seluruh file dalam sebuah partisi, gunakan aplikasi wipe aplikasi yang belum terdapat langsung pada Ubuntu. Untuk itu, proses instalasi wipe harus dilakukan.

sudo apt-get update

sudo apt-get install wipe

untuk menggunakannya, silakan tampilkan daftar partisi harddisk yang ada dengan perintah sudo fdisk -l dan untuk menghapus seluruh file dalam sebuah partisi gunakan sudo wipe /dev/sdaXXX (sesuai nama partisi). Proses wipe ini agak lama, karena penghapusan standar dilakukan tak kurang dari 32 kali.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: