Mozilla Hentikan Pengembangan Fitur Baru Thunderbird

Pengembangan ThunderBird terancam dihentikan setelah pembuatnya, Mozilla, menyimpulkan bahwa program e-mail client open source tersebut “tidak lagi sejalan dengan ambisi perusahaan”.

Penjelasan mengenai hal itu tertulis dalam sebuah surat dari Mozilla yang dipublikasikan oleh situs teknologi TechCrunch.

Surat yang ditulis oleh Managing Director Thunderbird Jb Piacentino tersebut sedianya akan disampaikan kepada para pengguna produk Mozilla pada Senin (7/7/2012) ini, tetapi rupanya telah bocor terlebih dahulu dan beredar di internet.

Thunderbird adalah program e-mail client untuk komputer desktop berbasis Windows, Mac OS, dan Linux yang versi terbarunya baru saja diumumkan tak sampai sebulan yang lalu.

Meskipun pengembangan Thunderbird dihentikan, Mozilla akan tetap memberi dukungan untuk program e-mail client ini, termasuk dalam hal keamanan dan stabilitasnya.

Lebih lanjut, surat dari Mozilla menerangkan niat perusahaan tersebut untuk memfokuskan daya dan upayanya bagi pengembangan proyek web dan mobile. Contoh proyek Mozilla yang terkait dengan bidang ini, antara lain sistem operasi mobile Firefox OS dan browser web-kit Junior untuk iPad.

Keputusan Mozilla tersebut disinyalir berkaitan dengan tren internet yang semakin mengarah ke web dan mobile. Salah satu akibat dari tren itu adalah banyak orang kini mengakses e-mail dari web dan perangkat mobile, bukan desktop client seperti Thunderbird.

Mozilla juga “menawarkan” pengembangan Thunderbird kepada indvidu atau organisasi yang tertarik. Keputusan akhir tentang nasib Thunderbird akan diumumkan oleh perusahaan non-profit global itu pada awal September 2012. Sumber: Kompas

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

2 Responses

  1. Yudi says:

    Sayang banget kalau thunderbird dihentikan..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: