Mozilla Siapkan Firefox OS untuk Platform Mobile

California – Mozilla, perusahaan pembesut browser Firefox, mengumumkan sistem operasi (OS) mobile bikinan mereka sendiri yang bernama Firefox OS.

Penerapan Firefox OS diperkirakan akan dimulai pada tahun 2013, dan Mozilla sudah menyiapkan beberapa rekan vendor untuk proyek tersebut seperti ZTE dan TCL.

Seperti dikutip dari Mashable, perangkat dari proyek tersebut akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon; komponen yang sama yang digunakan untuk perangkat Samsung Galaxy S III.

Lalu beberapa rekanan untuk operator seluler, seperti Deutsche Telekom (T-Mobile), Etisalat, Sprint dan Telefonica juga sudah sudah digaet Mozilla untuk mendukung fitur voice untuk Firefox OS, juga membantu penerapannya pada ponsel.

Pihak Mozilla mengatakan bahwa OS Firefox akan terbuka bagi ekosistem mobile. Sistem operasi ini dibangun dengan standar-standar web dan aplikasi-aplikasinya juga dibangun dengan fitur HTML5.

menarik sekali, konsep yang pernah terpikir dulu. OS cukup menjalankan browser dan jalankan aplikasi berbasis web atau berbasis XUL (platform UI milik Mozilla).

sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: