Musik Lokal Siap Bersaing di Pasar Digital


Ilustrasi (ist)

Jakarta – Para pelaku dan industri musik lokal dipercaya punya potensi besar untuk bersaing dengan musisi internasional, salah satu cara paling mudah dengan pemasaran konten digital yang mudah diakses.

Musisi James F. Sundah menilai potensi musik Indonesia cukup bagus, karena negara ini punya banyak talenta yang memiliki nilai tambah.

“Hanya masih diperlukan persiapan infrastruktur untuk menunjang perkembangan industri musik, terutama dengan format digital. Musisi banyak dirugikan dengan pembajakan,” ujarnya.

Bicara mengenai pembajakan, James menilai pemerintah sudah melakukan upaya proteksi dengan menertibkan pembajakan dan musik ilegal. Kedepannya, upaya seperti ini perlu terus digalakkan, khususnya dalam format digital. Musisi Indonesia juga sudah siap memasuki dunia digital.

“Dari sisi kemampuan sudah oke. Tinggal bagaimana upaya proteksinya. Jangan sampai musisi dirugikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan membajak hasil karya,” tambah James dalam keterangan yang diterima , Sabtu (22/12/2012).

Harapan industri musik untuk terus tumbuh subur di dunia digital pun semakin diperkuat dengan munculnya, Musik Legal. Sebuah platform musik yang aman, mudah dikontrol, murah, tetapi tetap menjunjung hak atas kekayaan intelektual (HaKI) para pemilik konten.

“Layanan berbasis platform ini otomatis berhenti sesuai dengan masa langganan yang dipilih, bisa sepekan, dua pekan, atau sebulan. Bukan otomatis perpanjang,” kata Gopal Utiarrachman, Direktur Utama PT Generasi Indonesia Digital.

Musik Legal bisa diunduh secara gratis di berbagai sistem operasi ponsel pintar, seperti Google Play dan Blackberry App World. Platform ini juga segera hadir di Nokia Store dan Apple Store di akhir tahun ini.

Pengguna bisa mengunduh semua lagu yang tesedia bebas dan gratis, tetapi lagu yang tersimpan hanya bisa dimainkan sepanjang masa berlangganan. Biaya berlangganan di bawah Rp 5.000 per pekan.

Ketika masa berlangganan habis, pengguna otomatis tidak bisa mendengarkan lagu yang tersimpan, tetapi lagu tersebut tidak akan hilang. Ketika pengguna registrasi kembali, lagu langsung bisa didengarkan kapan saja.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: