openSUSE on ARM

Sementara Ubuntu sudah benar-benar merilis produk khususnya untuk prosesor ARM, openSUSE baru benar-benar memulai langkah serius menggarap edisi khusus openSUSE untuk prosesor ARM. Proyek yang dinamai openSUSE on ARM ini baru saja dirilis awal bulan Oktober 2012 ini.

openSUSE on ARM Conference, Held in Prague, Ceko

OpenSUSE on ARM sendiri tidak ditujukan (setidaknya untuk saat ini) khusus untuk merk tertentu (seperti Raspberry Pi) tapi dikembangkan secara umum untuk prosesor AM dengan kemampuan OMAP3/OMAP4, seperti ArmandaX Marvell, Freescale i.MX51 ARM SoCs.

Pada minggu ini, openSUSE menggelar konferensi khusus untuk proyek openSUSE on ARM ini di Praha, Republik Ceko. Hadir dalam konferensi ini diantaranya om Dirk Muller, leader dari openSUSE on ARM.

Dalam konferensi sehari tersebut, om Muller memaparkan tujuan utama dan serangkaian rencana pengembangan openSUSE on ARM. Beberapa rencana besar diantaranya rilis versi stable openSUSE on ARM, pengembangan Build Service khusus ARM di SuseStudio, penambahan jumlah hardware yang didukung dll.

Kendala besar yang dialami pengembangan Linux untuk arsitektur ARM ini adalah keberagaman arsitektur itu sendiri, yang setidaknya ada 50an lebih variant, bahkan dalam dokumentasi Kernel Linux 3.0, varian yang dikenali sudah sampai pada 64 varian! Kita lihat saja hasilnya nanti.

Walaupun openSUSE ini tidak secepat Ubuntu dalam mengembangkan dan merespon pasar pengguna ARM ini, tapi setidaknya openSUSE sudah berada di jalur yang benar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: