Pembuat TVShack akhirnya diekstradisi

LONDON – Seorang pelajar Inggris menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat (AS) karena membuat situs yang menawarkan link unduh film maupun pertunjukan televisi secara ilegal.

Richard O’Dwyer, yang belajar komputer sains di Shefield Hallam University, adalah orang yang berada di belakang situs TVShack yang menyediakan link unduh ilegal film serta program televisi termasuk acara ‘The Hangover’ dan ‘Lost’. Demikian seperti yang dikutip dari PC Advisor, Jumat (17/6/2011).

Sebelumnya, URL asli dari TVShack, yakni tvshack.net sudah dibekukan oleh pihak berwenang AS pada bulan Juli tahun lalu. Setelah itu O’ Dwyer memindahkan situs tersebut ke domain baru, yakni www.tvshack.cc, yang mana akhirnya juga dibekukan pada bulan November 2010.

Menurut ibunya, O’Dwyer menutup situsnya setelah dihubungi oleh pihak kepolisian Inggris. Kini pihak berwenang AS telah menempatkan sebuah peringatan resmi mengenai konten pengunduhan ilegal di situs tersebut.

Pengacara dari O’Dwyer berencana untuk menentang ekstradisi tersebut, serta berpendapat bahwa ia harus disidangkan di Inggris, sebagaimana server situs TVShack tidak di-hosting di AS.

“Servernya tidak berlokasi AS sama sekali. O’Dwyer di situsnya tidak memasang materi dengan hak cipta, ia hanya menyediakan link,” bantah pengacara O’Dwyer, Ben Cooper. Sumber: OkeZone

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: