Perbedaan Antara PC-BSD dan FreeBSD

Pada dasarnya PC-BSD adalah instalasi FreeBSD yang telah disesuaikan, dan bukan cabang-turunan. PC-BSD berbasis cabang-STABIL terbaru dari FreeBSD. Karena berada dibawah sistem FreeBSD secara utuh, maka Anda memiliki sistem FreeBSD yang benar-benar berfungsi.

Perbedaan utama antara PC-BSD dan FreeBSD adalah PC-BSD ditujukan untuk penggunaan desktop, sedangkan FreeBSD dibuat untuk kepentingan server. Perbedaan lainnya termasuk:
• PC-BSD sudah mempunyai lingkungan desktop KDE (saat ini 4.4.5)
• PC-BSD diinstal menggunakan instalasi berbasis grafis, bukan lagi berbasis teks
• PC-BSD langsung memberikan sejumlah aplikasi saat instalasi
• PC-BSD menggunakan PBI (Push Button Installer) sebuah sistem paket yang unik dan juga mendukung paket-paket FreeBSD dan sistem ports
• PC-BSD memiliki kernel yang telah dibangun dengan konfigurasi yang baik untuk penggunaan desktop
• PC-BSD hadir dengan sejumlah konfigurasi awal berupa skrip-skrip otomatis untuk tugas-tugas tertentu seperti menghubungkan kamera digital atau USB memory

Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang jauh antara PC-BSD dan FreeBSD. PC-BSD pada dasarnya adalah FreeBSD dengan instalasi yang bagus, sejumlah konfigurasi awal, optimasi kernel, paket manajemen PBI, paket-paket yang diberikan saat instalasi dan beberapa perangkat grafis yang memudahkan dan membuat PC-BSD sesuai untuk penggunaan di desktop. Sebagai pengguna PC-BSD, Anda tidak perlu khawatir tentang konfigurasi sistem Anda, cukup di instal dan langsung digunakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: