Polemik Soal Lens Amazon di Ubuntu 12.10 Berlanjut, Canonical Tetap Bersikukuh

Polemik soal dimasukkannya Unity Lens khusus Amazon.com di Ubuntu 12.10 masih terus berlanjut di komunitas Ubuntu. Komunitas Ubuntu menduga, Canonical sebagai perusahaan dibelakang pengembangan Ubuntu diduga telah melakukan deal khusus dengan pihak Amazon, salah satu situs e-commerce terbesar didunia untuk resmi mencantumkan Unity Lens khusus pencarian barang yang dijual disana. Dugaan tersebut semakin terstigma negatif karena seharusnya Ubuntu 12.10 sudah dalam masa feature freeze, artinya tidak boleh lagi ada request fitur baru yang masuk ke distribusi resmi, dan tim pengembang bisa berkonsentrasi ke arah mastering produk selanjutnya.

Pihak Canonical lewat Mark Shuttleworth sendiri sudah mengklarifikasi hal ini sebagai murni tawaran kemudahan bagi para pengguna Ubuntu untuk dapat melakukan belanja dengan mudah via Ubuntu One Store atau lewat Amazon sebagai pelengkap. Query yang dilakukan juga tidak secara langsung di Amazon, tapi di http://productsearch.ubuntu.com/ milik Ubuntu.

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa Unity Lens khusus Amazon ini ditolak:
– tidak sesuai dengan filosofi FOSS,
– kemungkinan kerjasama tersembunyi antara Canonical dan Amazon
– tombol Super + F yang selama ini hanya berisi lens dari hasil pencarian di desktop/ubuntu store saja, kini otomatis ditambah hasil pencarian dari Amazon
– keamanan yang rentan karena setiap pencarian pada Lens menggunakan Query yang menyangkut informasi user ubuntu

Bagi anda yang tidak menginginkan fitur ini, silakan uninstall dengan perintah: sudo apt-get remove unity-lens-shopping. Semoga, gejolak menjelang rilis ini tidak membuat pengguna Ubuntu semakin banyak yang berpindah ke Linux Mint atau turunan Debian yang lain.

Sumber: H-Open

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: