RIM : Saatnya Belajar SDK Blackberry 10

Research in Motion disebut mengandalkan sistem operasi terbarunya, QNX, agar BlackBerry bisa bersaing dengan iPhone dan smartphone berbasis Android. BlackBerry 10 atau London, akan menjadi perangkatsmartphone BlackBerry pertama yang menggunakan QNX, sekaligus andalan RIM untuk kembali mendominasi pasar smartphone.

RIM memang menunda peluncuran BlackBerry 10, yang kemungkinan hingga akhir tahun. Namun, RIM memperlihatkan keseriusannya menggarap BlackBerry 10. RIM pun mulai mengundang para pengembang aplikasi (app) untuk mempelajari platform BlackBerry 10.

Mengutip situs resmi RIM, sebuah acara khusus pun digelar di Hilton Bonnet Creek, Orlando, Florida, AS, di awal Mei mendatang. Selama tiga hari, 1-3 Mei 2012, para pengembang akan berkumpul untuk mendapatkan demonstrasi dansharing cerita dari para pengembang.

Di acara ini, para pengembang dapat kesempatan pertama menguji platformBlackBerry 10 dan mengeksplorasi platform ini.

Pengembang juga berkesempatan mengembangkan keahliannya di sejumlah pemrograman, termasuk HTML5, Native, Java, dan Adobe Flash/AIR.

Selain itu, para pengembang dapat menguji keahliannya dalam mengembangkan platformBlackBerry Native SDK (lingkungan C/C++ yang mendukung pustaka open source), HTML5+ BlackBerryWebWorks, juga Android (aplikasi yang bisa di-convert file dari APK ke BAR).

BlackBerry 10 sepertinya akan menjadi perangkat BlackBerry yang bisa menjalankan aplikasi Android. RIM telah menguji coba ini di sistem operasi PlayBook 2.0.

Namun, aplikasi Android itu tidak bisa langsung dijalankan. Ada beberapa tahap yang harus dijalankan. Cara mudahnya adalah memasukkan file APK yang ada di aplikasi Android itu ke situs RIM, untuk kemudian di-convert.  sumber: Vivanews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: