ROSA Lab Mengumumkan Strategi Pengembangannya Untuk Tahun Depan

Setelah mampu menarik perhatian pasar pengguna Linux dengan rilis ROSA Marathon dan ROSA Enterprise Linux Server (RELS) serta ROSA Desktop Fresh diakhir tahun ini, ROSA Lab dalam PingWin Software Festival 2012 di Russia mengumumkan sejumlah strateginya untuk tahun 2013 dan 2014.

ROSA akan membagi seluruh lini produknya dalam beberapa versi, home version dan enterprise version. Home Version diisi oleh ROSA Desktop Fresh. Enterprise version akan diisi oleh RELS (ROSA Enterprise Linux Server) dan ROSA Marathon yang berganti nama menjadi ROSA Desktop Enterprise.

Tahun depan, ROSA akan kembali merilis satu lagi edisi ROSA Desktop Fresh dan demikian untuk seterusnya, satu rilis dalam satu tahun. Selain itu ROSA akan merilis 2x Update Pack untuk edisi Marathon 2012.

ROSA juga semakin serius menggarap pangsa pasar lokalnya di Russia bersama PingWin Software untuk sejumlah proyek diberbagai institusi di Russia. Rencananya, ROSA Marathon dan RELS akan disertifikasi resmi oleh Lembaga Sertifikasi Russia (FSTEK), Kementrian Pertahanan, dan Biro Layanan Umum Pemerintah Federal.

Strategi lain dalam konpers ini antara lain keseriusan ROSA untuk terjun ke pasar Cloud Computing dengan berbagai solusi berbasis RELS yang sekarang masih dikembangkan secara internal.

Dengan sejumlah strategi itu saya yakin ROSA akan menjadi salah satu vendor besar Linux dimasa mendatang mendampingi Red Hat, Canonical, Novell, Mandriva, dkk. Selamat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: