Rumor Pembelian Browser Opera oleh Facebook Kian Santer

Meskipun tidak ada kabar dari Facebook belum mengkonfirmasikan rumor, ada beberapa laporan terjadi di sekitar web mengatakan bahwa Facebook mungkin melihat untuk memperoleh browser Opera. Menurut situs Pocket-lint Inggris, “Pocket-lint telah mendengar dari salah satu sumber yang terpercaya bahwa raksasa jaringan sosial adalah mencari untuk membeli Opera Software, perusahaan di balik web browser Opera.” Ini, akan, tentu saja, menempatkan Facebook tepat di permainan browser bersama dengan Microsoft, Apple, Mozilla dan Google. Tapi apakah langkah itu masuk akal bagi Facebook?

Ketika Google memulai pengembangan browser Chrome, banyak kritikus merasa bahwa sudah terlambat untuk meraih pangsa pasar yang jauh di antara browser, namun Google membuktikan kritik salah. Perusahaan ini menyatakan bahwa browser best-of-breed bisa bersaing, dan beralasan bahwa dengan browser sendiri itu bisa memberi makan lebih banyak pengguna ke menguntungkan ekosistemnya pencarian dan iklan.

Facebook bisa menuai manfaat yang sama dengan menyesuaikan versi Opera untuk memberi makan pengguna ke dalam platform jejaring sosialnya. Ide browser jaringan yang berfokus pada sosial bukanlah hal baru. Rockmelt hanyalah salah satu dari beberapa browser sosial, dan telah didukung oleh web ajaib Marc Andreessen.

Data pangsa pasar terakhir dari NetApplications menunjukkan Opera hanya di bawah dua persen dari pangsa global di antara browser. Itu bukan saham besar, tapi tidak apa-apa, baik. Opera telah konsisten menggelar penonton setia pengguna dan menyelamatkan banyak inovasi umum untuk browser modern.

Menariknya, sebagai Computerworld mencatat: “Net Applications dipatok pangsa browser mobile sebesar 12% untuk bulan April.” Angka (untuk browser Opera Mini) adalah turun dari bulan sebelumnya, tetapi tetap layak melihat ke dalam jika Facebook benar-benar tertarik pada Opera. Platform mobile dan aplikasi adalah bagian yang jelas tentang masa depan Facebook, terbukti dengan mahal akuisisi $ 1 miliar Instagram.

Untuk saat ini, rumor tentang Facebook dan Opera rumor saja, tetapi jika mereka ternyata menjadi kenyataan, mencari Facebook untuk terutama difokuskan pada Opera Mini. Sekarang Facebook telah go public, kemungkinan kita akan melihat sejumlah akuisisi dari perusahaan. Kita tunggu saja!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: