Ubuntu Menambahkan Halaman Donasi?

Canonical baru saja melakukan terobosan aneh. Sebagai perusahan besar dan distribusi linux yang populer selama bertahun-tahun, kini Canonical menambahkan halaman Donasi pada web Ubuntu. Menarik dan aneh menurut saya, kenapa? hal serupa pernah dialami oleh Mandrake/Mandriva beberapa tahun lalu.

Seperti kita tahu, model yang dilakukan Canonical dan Mandriva persis sama. Mengembangkan distribusi In-house oleh developer mereka plus developer dari komunitas. Jualannya juga hampir sama, walaupun lebih inovatif dan lebih luas Ubuntu /Canonical jangkauan produknya daripada Mandriva. Revenue yang semula dari penjualan CD/DVD Desktop (powerpack) terpaksa bergeser kearah subscription Mandriva Club dan solusi support bagi enterprise. Mandriva pun mengalami stagnasi bisnis dan berkali-kali masuk ke garis ditepi jurang bankrut. Mandriva kemudian melakukan hal yang sama dengan mengumumkan kesempatan bagi komunitas mereka untuk Donasi kepada proyek Mandriva Linux.

Tampilan halaman donasi Ubuntu, ada ikon dan istilah menarik ketika jumlah donasi anda mencapai angka tertentu

Jadi, apakah solusi itu pula yang akan dilakukan Canonical. Melihat kepopularitasan Ubuntu yang turun disalip anaknya, Linux Mint dan Mageia (turunan Mandriva) yang murni dikembangkan Komunitas, saya melihat inilah saat yang sama seperti yang dialami Mandrake/Mandriva dulu. Saatnya Canonical menyerahkan pengembangan distro Ubuntu ke komunitas/entitas independen seperti yang dilakukan Mandriva sekarang, sebelum terlambat.

Lebih banyak yang memakai Mint dan Mageia membuktikan, orang sudah tidak tertarik lagi membeli CD/DVD linux desktop. Saatnya fokus ke Game, Musik dan Cloud Computing!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: