Vote Nama Distribusi Linux Komunitas Mandriva Dibuka!

Pada tanggal 5 Juli kemarin, om Charlez Schulz memposting hasil pertemuan ke-2 dari formatur Mandriva Linux Foundation. Pada pertemuan kedua ini, beberapa hal dibahas lebih detail. Yang menjadi titik utama pembahasan adalah persiapan-persiapan teknis untuk pendirian yayasan bagi komunitas nantinya dan membuka kesempatan bagi komunitas pengguna Mandriva untuk memberikan nama baru bagi Distro Linux edisi komunitas tersebut.

Dalam beberapa nama yang disampaikan, nama openMDV tampaknya dieleminir sesuai dugaan saya, karena nama openMDV sudah dipakai oleh project yang lain, Open Meta Data Visualization (lihat di SourceForge). Beberapa nama yang ditawarkan memang tergolong beragam, dari mulai yang terdapat unsur mandriva sampai nama yang tidak sama sekali terkait dengan mandriva.

Nama-nama yang diusulkan itu antara lain:
– openMandriva
– Commundriva
– Dracanea Linux
– Drake Linux
– Mana Linux
– Mandala Linux
– Mira Linux
– Moondrake
– NortStar Linux
– OpenDrake
– Pulsar Linux
– Tulipa Linux

Sejauh pengamatan saya di halaman polling online yang dibuat, nama yang paling disukai berturut-turut: openMandriva (28%), Moondrake (19%), Mandala Linux (13%), Drake Linux (10%) dan openDrake (8%) dari total 850 responden.

Saya sendiri vote untuk nama openMandriva, supaya para komunitas tahu bahwa ini bukan sama sekali distro baru, tapi memang benar-benar edisi komunitas dari Mandriva, seperti strategi SUSE dan openSUSE.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: