10 Proyek Open Source Tertua dan Terpenting

Disini saya hanya ingin menyadur tulisan om Vaughan-Nichols dari ZDNet soal 10 Proyek Open Source yang paling penting dan bertahan sampai sekarang menurut beliau. Definisi awal tertua dari Open Source mengacu pada pernyataan Richard Stallman, bapak copyleft dunia sewaktu bekerja di salah satu laboratorium di MIT.

Berikut adalah 10 proyek opensource tertua dan terpenting:

1. Kernel Linux

Proyek pembuatan kernel Linux dimulai 25 Agustus 1991 oleh Linus Torvalds sampai sekarang. Sampai sekarang telah mencapai versi major 3 dan digunakan dalam lebih dari 300 jenis distribusi linux, dan dibenamkan pada perangkat canggih seperti satelit sampai yang dapat anda genggam (android).

2. Bahasa Pemrograman Python

Dimulai oleh om Guido van Rossum pada 20 Februari 1991, walaupun telah dikembangkan sejak desember 1989. Kini bahasa ini menjadi salah satu bahasa scripting terpopuler, bersaing dengan Perl dan Ruby.

3. GNU C Library (glibc)

Dimulai sejak Februari 1988 oleh om Roland McGrath.

4. Bahasa Pemrograman Perl

Dimulai tanggal 18 Desember 1987.

5. GNU C Compiler (gcc)

proyek membuat kompiler bahasa C dimulai tanggal 22 Maret 1987. Pada masa itu, GCC menjadi salah satu kompiler favorit untuk bahasa C dan C++ sampai sekarang (hampir disemua distribusi linux)

6. GNU Emacs (tahun 1984)
7. X Windows System (tahun 1983)
8. BRC-CAD

Salah satu software CAD tertua yang masih eksis sampai sekarang. Dikembangkan sejak 16 Desember 1983.

9. 1BSD (First Berkeley Software Distribution)

Dimulai sejak 9 Maret 1978 oleh Peter H. Salus, bapak Unix dunia.

10. VistA

VistA (Veterans Health Information System and Technology Architecture) adalah sistem pencatatan rekam medis pertama didunia dan masih eksis sampai sekarang. Dikembangkan sejak tahun 1975! Wow!

Referensi: http://www.zdnet.com/the-10-oldest-significant-open-source-programs-7000009735/

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: