Bos Google Cina Mengundurkan Diri

Beijing–Bos Google Cina, Dr John Liu akan mundur dari jabatannya. Liu, yang sudah duduk jadi kepala Google di Cina enam tahun itu akan mundur dengan alasan mencari tantangan baru.

Google, dalam pernyataannya mengemukakan, Liu telah memutuskan untuk mengejar kesempatan lain. “Liu telah berperan untuk mengembangkan bisnis Google di Cina. Kami berterima kasih atas kontribusinya. Kami akan merindukannya,” tulis Google dalam pernyataannya.

Sebagai pengganti, Google akan menunjuk Scott Beaumont. Dia seorang eksekutif yang mengelola bisnis Google di Eropa. Google mengatakan Beaumont, yang tidak memiliki pengalaman bekerja di Cina, akan berfokus pelaku bisnis Cina dari semua ukuran tumbuh secara lokal dan global.

Liu, peraih gelar doktor dari Tekniske University, Denmark, akan mundur Agustus nanti. Semasa kepemimpinan Liu, Google melalui gelombang besar di Cina. Gelombang terbesar adalah kontroversi tuduhan bahwa pemerintah Cina menyadap Gmail milik aktivis pada 2010.

Kala jabatannya insiden besar pada sistem operasi Android mobile tahun lalu. Saat itu, raksasa internet Cina Alibaba menuding Google menekan Acer membatalkan peluncuran smartphone berbasis Android, Aliyun.

Pemerintah Cina juga tak sepenuhnya terbuka. November lalu, saat digelar Kongres Tahunan ke-18 Partai Komunis, Cina memblokir akses ke beragam layanan milik Google, seperti Google.com, Gmail, Google Maps, dan Google Docs.

Sumber: Tempo

%d bloggers like this: