Cara Pembayaran SBMPTN 2013

Masih banyak calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang belum tahu cara pembayaran pendaftarannya. Inilah cara pembayaran yang sudah ditentukan panitia SBMPTN. Sebelum tahap tersebut, calon peserta perlu memahami kategori calon peserta Pendaftar SBMPTN.

Selanjutnya calon peserta dapat melakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk oleh panitia SBMPTN. Apabila melalui Internet Banking atau ATM, pilih menu 10000 bagi kategori 1 dan menu 10001 bagi kategori 3 dan 5. Sedangkan melalui Teller atau SMS banking, kategori 1 menggunakan pilihan Bayar Awal serta pilihan Tambah Bayar bagi kategori 3 dan 5.

Kategori

Ikut SNMPTN 2013

Calon Peserta Pendaftar Bidikmisi

Biaya Seleksi

1

Tidak

Tidak

Bayar

2

Tidak

Ya

Tidak Bayar

3

Ya

Ya

Tidak Bayar

4

Ya

Tidak

Bayar

5

Ya

Ya

Bayar

Selain melalui bank Mandiri, calon peserta dapat melakukan pembayaran di ATM yang berlogo ATM Bersama dengan pilihan menu BAYAR/BELI, pilih menu Pendidikan. Bank Mandiri juga sudah bekerjasama dengan kantor Pos untuk melayani pendaftaran. Calon peserta cukup mencantumkan nama, tanggal lahir bagi pembayaran baru dan nomor KAP bagi pembayaran tambahan, nominal pembayaran dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

mandiri

Untuk kategori 1 akan mendapatkan nomor Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN) untuk SBMPTN 2013. Sedangkan kategori 4 atau 5 akan menerima PIN SBMPTN saja. KAP dan PIN ini bersifat rahasia.

Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id. dengan menyiapkan KAP dan PIN SBMPTN 2013.

Informasi selengkapnya bisa didownload di sini.

Sumber: unnes.ac.id

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: