Facebook Mulai Komersialisasi Fitur Messaging

CALIFORNIA – Para pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS) sedang dalam percobaan pesan berbayar. Salah satu fitur yang dicoba ialah memungkinkan mengirim pesan ke pendiri sekaliguis CEO situs jejaring sosial itu, Mark Zuckerberg.

Dikutip dari Digital Spy, Sabtu (12/1/2013), langkah ini ternyata dilakukan untuk mengambil kenuntungan dari layanan sekaligus mecoba mencari metode untuk mengurangi pesan sampah (spam) yang kerap membanjiri kotak masuk pengguna.

“Sejumlah pengamat dan peneliti telah mencatat, memasang tarif merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah pesan sampah. Sehingga pesan yang diterima ke penggunanya hanya informasi yang relevan dan berguna,” kata Facebook.

Diketahui, Facebook mulai melakukan uji coba pesan berbayar sebesar USD1 untuk mengirim pesan ke teman yang berada di luar daftar teman pengguna. Kini, jejaring sosial itu menawarkan layanan kirim pesan yang lebih tinggi bagi pengguna yang tertarik mengirim pesan ke CEO Facebook. “Kami sedang menguji banderol harga yang cukup tinggi untuk melihat apakah metode itu dapat digunakan untuk menyaring spam,” papar juru bicara Facebook.

Layanan yang diberi nama “VIP” itu memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke sejumlah tokoh penting mulai dari Zuckerberg hingga tokoh masyarakat lainnya. Pengguna juga dapat menolak membayar USD100 atau sekira Rp970 ribu untuk mengirim pesan. Dengan catatan, kemungkinan dibaca oleh si penerima relatif kecil.

Via OkeZone

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: