Google Akan Bikin Prosesor Sendiri berbasis ARM?

Google selama ini dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan dan software, bukan produsen hardware. Namun semua layanan-layanan Google seperti YouTube, Street View, hingga Google Docs membutuhkan infrastruktur server yang solid.

Google telah membangun data center di beberapa negara, dan menurut Bloomberg (13/12/2013), Google mengatakan akan membuat chip sendiri.

Prosesor tersebut rencananya akan digunakan Google untuk server-servernya. Google mungkin akan bekerja sama dengan ARM, perancang chip yang saat ini banyak digunakan di perangkat Android. Menurut pengamat, kerja sama tersebut bisa jadi mengancam dominasi Intel di pasar prosesor.

Google berpendapat bahwa dengan membuat desainnya sendiri, pihaknya bisa mengatur interaksi hardware dan software secara lebih baik.

“Kami terlibat secara aktif dalam membuat infrastruktur terbaik di dunia,” ujar Liz Markman, juru bicara Google. “Hal itu termasuk mendesain hardware dan software,” imbuhnya. Namun Markman tidak mau menjelaskan lebih lanjut apakah Google akan membuat chip-nya sendiri.

Google sendiri saat ini menjadi klien terbesar kelima milik Intel, dengan menyumbang 4,3 persen pendapatan Intel menurut analis Bloomberg. Dengan rencana Google membuat chip sendiri, maka Intel bisa kehilangan pendapatan cukup banyak.

ARM sendiri mendominasi pasar smartphone dan tablet, bersamaan dengan perusahaan seperti Qualcomm dan Samsung mereka menghambat laju Intel untuk berekspansi di arena itu.

Sumber: Kompas.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: