Google Buzz Resmi Ditutup

Ketika dunia internet tengah dilanda oleh demam situs-situs media sosial, Google pun mencoba untuk ikut meramaikan trend tersebut dan ikut bergabung di dalam persaingan dengan meluncurkan Google Buzz. Namun sayangnya, produk tersebut mengalami kegagalan total yang pada akhirnya memaksa Google untuk menutup layanan Buzz.

Hal ini terungkap lewat sebuah email yang dikirim oleh Google kepada para pemilik akun Buzz pada Sabtu, 25 Mei yang lalu. Lewat email tersebut, Google mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan seluruh data Buzz ke dalam Google Drive. Menurut kabar yang dirilis The Verge, Google akan memulai memindah-mindahkan data Buzz pada 17 Juli mendatang.

Lewat situs resminya, Google juga menjelaskan bahwa pengguna tidak akan bisa lagi melakukan status update atau mem-posting tulisan-tulisan baru di Buzz. Namun, Google menegaskan bahwa kita masih bisa mengakses konten di Google Profile, Google Takeout, dan Google Dashboard.

Google Buzz pada dasarnya adalah sebuah situs jejaring sosial yang memiliki banyak fasilitas untuk berbagi informasi dan telah terintegrasi dengan beberapa situs-situs media sharing lainnya, seperti Picasa, Flickr, FriendFeed, dan YouTube. Banyak yang mengatakan bahwa Buzz adalah bentuk dari ambisi Google untuk menyaingi popularitas Twitter yang saat itu tengah meningkat.

Dirilis pertama kali pada 9 Februari 2010, Buzz justru telah mendapatkan cap “Discontinued” pada 15 Desember 2011 dan pada akhirnya ditutup secara resmi oleh Google.

Sumber: Republika

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: