Mengenal TurnKey Linux

TurnKey Linux atau lebih lengkapnya TurnKey Linux Virtual Appliance Library adalah sebuah project open source yang berupaya membuat solusi pustaka-pustaka siap pakai secara virtual sebuah server yang telah terpaketkan sebelumnya. TurnKey dikembangkan dengan basis Ubuntu 8.04 LTS sehingga dapat digunakan diperangkat baremetal, virtual machine maupun infrastruktur cloud computing.

Fitur

Setiap virtual appliance yang ditawarkan oleh TurnKey Linux merupakan solusi yang siap pakai dan siap dioptimasi untuk digunakan dipelbagai skenario layanan-layanan server. Setiap appliance tersebut didesain untuk langsung bekerja dengan sedikit konfigurasi yang dibutuhkan. Saat ini Project luar biasa ini mengelola 40 lebih virtual appliances dengan paket-paket yang dibangun untuk beberapa paket khusus seperti:

  1. Amazon Machine Image (format yang ditawarkan oleh Amazon Elastic Compute Cloud dari Amazon),
  2. Virtual Appliance, Image disk VMDK dengan support OVF untuk berbagai aplikasi virtualisasi server,
  3. ISO LiveCD, sebuah image ISO yang dapat diinstalasikan secara fisik ke mesin dengan DVD/CDROM atau secara virtual ke berbagai software virtualisasi seperti VMWare, Xen, VirtualBox, KVM dll.

TurnKey Linux yang dikategorikan sebagai aplikasi server sendiri telah dilengkapi dengan beberapa software berikut: LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP), Joomla, Drupal, WordPress, MySQL, MediaWiki, Domain controller, File server, Ruby on Rails, phpBB dan lainnya!

Sejarah

Project ini diawali dan digagas sejumlah insinyur dari Israel pada pertengahan tahun 2008 sebagai community-oriented open source project yang berfokus membantu pengguna mendapatkan solusi instan (turnkey) dari berbagai komponen opensource yang ada dalam distribusi linux. Project ini resmi diluncurkan September 2008 dengan prototipe aplikasi Drupal, Joomla dan LAMP berbasis pada Ubuntu 8.04 build 1. Sejak saat itulah appliance dari TurnKey terus bertambah sampai sekarang. Di Oktober 2009, project ini merilis 40 appliance dengan basis Ubuntu 8.04.3 dengan penambahan 25 appliance baru serta memperkenalkan image untuk Amazon Elastic Compute Cloud (AECC) dan image virtualisasi yang mendukung OVF (Open Virtualization Format).

Unduh

Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi virtual appliance dari TurnKey Linux disini:

http://www.turnkeylinux.org/

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: