Panduan Menginstall dan Mengkonfigurasi Sudo di Mandriva 2010.1

sudo adalah sebuah perintah dalam command-line Linux. Apabila anda memiliki akses root, maka sudo akan melakukan perintah sebagai superuser. Pengguna sudo dan perintah-perintah yang dapat mereka pergunakan terdapat pada file konfigurasi, /etc/sudoers. Apabila seorang pengguna yang tidak berhak mencoba menjalankan perintah, sudo akan memberitahu administrator melalui e-mail. Secara default, pemberitahuan peringatan ini akan disimpoan di akun root.

Pengguna yang mencoba menjalankan perintah akan diminta mengisikan password.Setelah terotentifikasi, sudo akan membuat timestamp untuk pengguna. Selama 5 menit, pengguna akan dapat mengeksekusi perintah-perintah, sampai di akhir menit ke 5 akan diminta untuk mengisikan password. Grace period ini dapat di overwrite dengan mengubah setting pada file /etc/sudoers. (Sumber: Wikipedia)

Menginstall Sudo di Mandriva

Untuk menginstall sudo, cukup gunakan perintah urpmi:

urpmi sudo

Mengkonfigurasi Sudo di Mandriva
Seperti telah disinggung diatas, konfigurasi sudo ada di /etc/sudoers. buka dengan editor favorit anda:

vim /etc/sudoers

Rule yang akan kita pakai adalah membiarkan semua user dapat menjadi sudoers, maka hilangkan tanda # pada baris:

#%wheel ALL=(ALL) ALL

simpan dan tutup editor. Langkah selanjutnya adalah menambahkan user ke group wheel dengan MCC (Mandriva Control Center).


Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: