Pengguna CyanogenMod Tembus 7,9 Juta

Jakarta – Pertama kali dibuat, pendiri CyanogenMod pun tak menyangka bahwa sistem operasi oprekannya akan ramai peminat, bahkan kini jumlahnya tembus hingga 7,9 juta pengguna.

Steve kondik, pendiri CyanogenMod, memulai perjalannya sebagai tukang oprek custom ROM Android sejak 5 tahun lalu. Saat itu ia hanya melakukan untuk sekadar iseng, tanpa befikir ini akan menjadi sebuah bisnis besar.

“Ketika saya memulai semua ini, saya sama sekali tidak berfikir bahwa akan ada orang yang peduli,” ujar Kondik, Jumat (4/10/2013).
Perangkat pertama yang menjadi ‘korbanya’ adalah T-Mobile G1, ponsel Android pertama di dunia yang dibuat oleh HTC. Sejak saat ini ketertarikannya terhadap Android terus berlangsung.

Kini, CyanogenMod menjadi sebuah tim yang beranggotakan 17 orang, dan mereka baru saja mendapat kucuran dana USD 7 juta atau setara Rp 80 miliar dari invenstor yang tidak disebutkan identitasnya.

Ada dugaan uang sebesar itu akan dijadikan modal CyanogenMod membuat ponsel, namun Kondik secara tegas menampik tudingan tersebut.

“Membuat ponsel dengan tim hanya berjumlah 17 orang adalah hal yang gila,” katanya.

Dibanding membuat ponsel sendiri, saat ini Kondik mengaku lebih suka bermitra dengan produsen seperti OPPO. Maka dari itulah lahir OPPO N1 yang secara default sudah ditanamkan custom ROM buatan CyanogenMod.

OPPO N1 sendiri dipersenjatai chip Snapdragon 600 dengan prosesor 4 inti 1,7 Ghz, RAM 2GB, GPU Adreno 320 dan pilihan internal memori 16/32GB. Spesifikasi tersebut jika digabungkan dengan customROM CyanogenMod diklaim akan menghasilkan kinerja yang luar biasa. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: