Ubuntu Resmi Termasuk dalam OS di VMWare vCloud Service

Ubuntu Server akhirnya resmi menjadi salah satu sistem operasi yang ditawarkan VMWare pada layanan Infrastructure-as-a-service (IaaS) berbasis cloud miliknya. Dengan langkah ini, VMWare sebenarnya telah mengambil langkah berhadapan dengan Amazon AWS yang sudah terlebih dulu membuat layanan serupa dan menawarkan Ubuntu Server kepada customernya.

vCloud Hybrid Service sendiri akan mulai dijual pada pertengahan September 2013 ini dan hadir dengan lebih dari 90 varian sistem operasi yang kesemuanya telah mendapat sertifikasi untuk berjalan pada teknologi virtualisasi vSphere. Customer diberikan pilihan untuk dapat menginstall sendiri OS yang diinginkan atau cukup menggunakan template yang sudah ada dan dijual/dipajang di app store milik VMWare.

Menariknya, walaupun sudah mengumumkan kehadiran Ubuntu Server dalam salah satu list sistem operasi yang didukung, tabel harga pada VMWare vCloud masih menunjukkan 3 sistem operasi, Windows Server 2012, Windows Server 2008 R2 dan CentOS. Menurut apa yang saya kutip dari Arstechnica hari ini, sebenarnya SUSE Linux dan Ubuntu akan segera hadir dalam tabel resmi harga yang ditawarkan tersebut, sekitar awal kuarter keempat tahun ini (bulan november).

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) menjadi salah satu standar resmi dilayanan milik Amazon, yang menjalankan infrastruktur cloud IaaS terbesar saat ini. Namun kabar pasti kapan sebenarnya RHEL akan masuk dan ditawarkan dalam VMware IaaS ini. Walaupun sebenarnya customer sudah bisa memilih CentOS karena sifatnya yang kompatibel 100% dengan Red Hat.

Sumber: Arstechnica

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: