Waspada Tweeps, Ratusan Ribu Akun Twitter di Hack

San Francisco – Twitter melalui blog resminya mengumumkan bahwa pihaknya mengalami serangan cyber yang berimbas pada 250 ribu akun pengguna dibobol.

Dalam blog yang diposting oleh Direktur Keamanan Informasi Twitter Bob Lord disebutkan, serangan ini bukanlah sebuah serangan yang biasa-biasa saja.

Menurutnya, serangan ini dilakukan oleh pelaku serupa yang menyerang sistem dari media terkemuka seperti New York Times dan Wall Street Journal dalam dua pekan terakhir.

“Serangan ini bukan kerja amatir dan kami tidak yakin ini insiden terisolasi. Penyerang sangat canggih dan kami percaya perusahaan dan organisasi yang lain baru-baru ini juga mendapat serangan serupa,” ujar Lord seperti dikutip dari New York Times.

Lord juga menyebutkan, dari 250 ribu akun yang dibobol tersebut kemungkinan nama, alamat email, dan password yang dienkripsi berhasil diakses oleh peretas. Tapi, dia segera menegaskan tidak ada dampak serius dari serangan tersebut.

Sebagai langkah penanggulangan, Lord mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa upaya, sehingga pihak Twitter menjamin sangat kecil password bisa diketahui.

Selain itu, Twitter juga telah mengirimkan email kepada pengguna yang dibobol tersebut agar me-reset atau mengganti password-nya. Pihak Twitter pun segera menutup akses ke data pengguna.

Jejaring sosial yang dikenal dengan pesan 140 karakternya itu juga menyatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan pemerintah dan aparat penegak hukum federal untuk melacak penyerang.

Sumber: inilah.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: