Canonical Luncurkan Ubuntu Orange Box

Canonical baru saja mengumumkan produk barunya, Orange Box. Orange Box sendiri adalah sebuah komputer cluster yang didesain mobile dengan menggunakan Ubuntu 14.04 LTS, MAAS, dan Juju. Untuk menjalankan dan menggunakan Orange Box sebagai sebuah personal cloud computing sendiri, dipercaya oleh Canonical hanya semudah menekan tombol Power On.

Anda mungkin bertanya-tanya apa perlunya personal cloud itu? Untuk pengguna umum, mungkin Orange Box tidak akan terlalu menarik daripada platform komputasi lainnya. Tapi tidak untuk perusahaan UMKM dan menengah keatas yang bergantung pada akses layanan cloud dan akses jaringan yang stabil.

ubuntu-orange-box

Orange Box didesain oleh tim tersendiri di Canonical dan dibangun oleh TranquilPC. Sesungguhnya, Orange Box hanyalah 10 node komputer cluster yang mudah dibawa kemana-mana. Walaupun didesain untuk mudah dibawa kemana-mana, hardware yang digunakan pada 10 node itu tidak main-main. Setiap node dibekali oleh Intel i5-3427U, 16GB DDR3 RAM, 120GB SSD Storage, Intel HD4000 GPU dan Intel Gigabit network!

Selain itu, 4 dari 10 node yang ada didesain untuk bisa menggunakan storage SSD tambahan dan 1 diantara 10 tadi juga dibekali dengan Intel Wi-Fi dan Harddisk 2TB!. Dan sesuai apa yang kami ungkapkan diatas, Orange Box akan dibekali dengan Ubuntu 14.04 LTS 64-bit, MAAS, Juju pre-installed, Ubuntu archive mirror dan 1 tahun gratis support Ubuntu Advantage.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dari Orange Box disini.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: