Ditemukan, Virus Windows Yang Mampu Menyebar ke Android

Sejak dikenal sebagai sistem operasi yang berbasis Linux, para pengguna Android merasa tenang dan yakin sistemnya sudah aman. Akan tetapi, tidak ada yang 100% aman didunia ini. Setiap yang populer dan mempunyai celah, pasti akan dimanfaatkan oleh cybercriminal.

Jika era virus Symbian dan virus Windows Phone pernah kita kenal, kini virus juga menginfeksi platform Android. Jika penyebarannya antar ponsel seperti layaknya virus ponsel generasi terdahulu anda tidak perlu terlalu khawatir, tapi Symantect baru saja menemukan satu virus android yang disebarkan lewat Windows!
fakeplaystore

Flora Liu dari Symantec mengatakan bahwa kita sudah melihat virus Android mencoba menginfeksi Windows sebelumnya, kini kita melihat apa yang jadi kebalikannya, virus Windows yang menginfeksi Android. Infeksi yang dimaksud, terutama dimotori oleh Trojan Droidpak. Virus ini akan menaruh sebuah DLL dan system service di Windows.

Begitu anda memasukkan devais android masuk ke PC yang terinfeksi, virus akan segera mencoba memasang file .apk berisi program jahat dengan nama “Google App Store”. Ingat, toko resmi Google, hadir dengan nama “Play Store”.

Setelah terpasang pada perangkat android, virus Droidpak ini akan menyadap dan/atau melewatkan SMS anda ke salah satu aplikasi bank Korea yang juga terkena efek jahat dari virus ini.

Symantec dalam laporannya, mengutarakan beberapa langkah agar kita tetap aman mencolokkan android kita ke PC. Berikut langkahnya:
1. Matikan fitur USB Debugging pada Android,
2. Selalu waspada jika anda mencoba menyambungkan android anda ke PC yang tidak dikenal/tidak dipercaya,
3. Pasang software antivirus yang sudah mengenali virus ini
4. Pasang antivirus pada Android anda.

Silakan, lebih baik mencegah daripada mengalami…

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: