Facebook Semakin Dekati Fitur Twitter

Jakarta – Layanan Facebook makin mirip Twitter. Setelah meniru mention dan hashtag, kini fitur trending topics juga ikut diadopsi. Semakin gencar mengekor Twitter, Facebook?

Fitur trending topics ini sedang diuji. Sama seperti di Twitter, fitur ini dirancang untuk membantu pengguna mengetahui topik terkini yang sedang dibicarakan di dunia maya.

Trending topics saat ini baru hadir untuk pengguna Facebook desktop di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, India dan Australia. Belum diketahui kapan Facebook memperluas ketersediaannya untuk seluruh pengguna.

Seperti dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (18/1/2014), kotak berisi trending topics akan muncul di kanan atas halaman Facebook. Ditandai dengan panah biru berlekuk-lekuk, topik yang ditampilkan beragam, mulai dari orang, event, hingga tempat-tempat yang sedang dibicarakan.

“Daftar trending dipersonalisasi, termasuk topik berdasarkan hal yang sesuai minat si pengguna dan apa yang sedang ramai di jagat Facebook,” terang Chris Struhar, Facebook Engineering Manager.

Jika Twitter hanya menampilkan judul topik, Facebook mencoba membuat pengguna lebih penasaran dengan menyertakan penjelasan singkat mengenai setiap topik dan mengapa menjadi trending.

Dengan mengklik salah satu topik, pengguna akan menemukan feed terpisah mengenai hal yang sedang dibahas, baik itu dalam bentuk artikel, video, foto, update status dari teman atau public Page.

Tak perlu khawatir privasi terganggu karena fitur ini. Facebook menjanjikan hanya postingan yang telah dibagi dengan setingan ‘public’ yang akan tampil pada halaman trending topics.

Sebelumnya, Facebook juga mengadopsi fitur yang mirip bahkan telah lekat menjadi ciri khas Twitter yakni penggunaan hashtag (#) dan verifikasi akun tertentu. Kemunculan hashtag dilakukan Facebook untuk meningkatkan kemampuan pencarian dan sistem indeks layanannya. Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: