Malware CoinKrypt Gunakan Smartphone untuk Tambang Litecoin

Dengan semakin bernilainya mata uang digital seperti Bitcoin dan Litecoin, para penjahat cyber tampaknya semakin meminati arena baru itu. Kini, beberapa malware sudah terdeteksi dan khusus dibuat untuk beroperasi di arena mata uang digital. Salah satunya adalah CoinKrypt.

CoinKrypt pada dasarnya adalah sebuah malware android yang disebarkan salah satunya lewat forum software bajakan asal spanyol. Kebanyakan beredar di Spanyol dan Prancis. CoinKrypt didesain khusus untuk melakukan penambangan mata uang bitcoin, khususnya Litecoin, Dogecoin dan Casinocoin.

Seperti kita ketahui, untuk menambang Litecoin, tidaklah sesulit melakukan penambangan mata uang Bitcoin. Setidaknya 1 juta kali lebih mudah untuk menambang Litecoin daripada Bitcoin, dan 3.5 juta kali lebih mudah jika menambang Dogecoin.

CoinKrypt tidak didesain untuk mencuri data pada smartphone yang terinfeksi. Namun, itu tidak menjamin malware ini tidak berbahaya. Tidak seperti halnya, hardware mining bitcoin yang beredar luas, CoinKrypt memaksa perangkat yang terinfeksi untuk melakukan penambangan litecoin secara maksimal, tanpa batas dan hanya berakhir jika baterainya sudah habis.

Selain masalah power consumption itu, CoinKrypt juga akan menghabiskan kuota internet anda, karena akan mengunduh sejumlah besar blockchain bitcoin dengan ukuran bergiga-giga. Jadi, berhati-hatilah!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: