Diprotes Kementrian Inggris, Evolve OS Ganti Nama

Evolve OS Project baru saja mengumumkan perubahan nama setelah menghadapi gugatan trademark dari Kementrian Negara Inggris yang telah memiliki nama “Evolve OS” sebelumnya. Evolve OS resmi menggunakan nama “Solus”, nama distro yang sudah tidak dikembangkan lagi oleh pengembangnya.

Solus OS dulunya adalah salah satu distro linux yang cukup terkenal. Ikey Doherty sang pengembangnya memang resmi tidak mengembangkan lagi distronya itu. Lalu bagaimana dengan nama Solus itu, akankah ditentang oleh Doherty?

Ternyata tidak. Doherty-lah yang justru menjadi pendukung penuh penamaan ulang ini. Ya, Ikey Doherty diam-diam turut berkontribusi di Evolve OS pasca menutup project Solus OS tahun 2014.

Sekedar klarifikasi dan penguatan, Evolve OS dan Solus OS memang dua makhluk yang berbeda (dulunya). Evolve OS adalah OS Linux yang dikembangkan dari awal (from scratch) dengan desktop environment Budgie. Solus OS adalah distro Linux turunan dari Debian yang menggunakan GNOME sebagai desktop defaultnya.

 

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: