Google Resmi Luncurkan Runtime ARC untuk Developer Desktop

Jakarta – Google membuka App Runtime for Chrome (ARC) ke pengembang. Alhasil para pengembang Android dapat menjalankan aplikasinya ke beragam desktop lewat Chrome Browser.

ARC sendiri merupakan proyek yang memungkinkan aplikasi Android dijalankan di Chrome OS. Mulanya, proyek ini terbatas pada sekelompok kecil pengembang dengan Google. Namun sekarang Google merilis sebuah paket baru Chrome yang memperbolehkan siapapun menjalankan aplikasi Android mereka di Windows, Mac, Linux dan Chrome OS.

Google menyiapkan sebuah aplikasi berbasis Chrome bernama ARC Welder. Aplikasi ini akan menangani konversi mobile ke desktop saat menjalankan file berbasis APK. Laman Ars Technica telah menjajal tools ini dengan menjalankan Twitter Andorid di Windows. Hasilnya aplikasi tersebut berjalan mulus.

ARC menyertakan Google Play Services, yang mana dibutuhkan dalam menjalankan aplikasi tertentu yang menggunakan OAuth2, Google Cloud Messaging, Google+ sign-in dan layanan lain dari Google. Namun saat ini tidak semua layanan di Google Play tercakup dalam ARC. Terutama aplikasi berbayar yang saat diujicoba tidak dapat berjalan mulus.

Semoga saja Google memperbaiki hal tersebut sehingga memungkinkan lebih banyak aplikasi yang dapat berjalan di desktop. Jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: