Presiden Jokowi Buka Kongres Partai Demokrat 2015

Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Kongres IV Partai Demokrat di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2015) malam. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali.

Saat memukul gong, Jokowi yang mengenakan setelan jas berwarna hitam didampingi oleh petinggi Demokrat, di antaranya Susilo Bambang Yudhoyono, EE Mangindaan, Syarief Hasan, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan mantan Wakil Presiden Boediono.

“Saya percaya Kongres IV Demokrat akan berjalan baik. Rakyat menunggu para pemimpinnya, termasuk pimpinan partai politik yang mampu mengelola perbedaan untuk mencapai tujuan nasional yang lebih besar. Selamat berkongres,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Acara pembukaan Kongres IV dihadiri sekitar 1.200 kader Demokrat. Hadir juga sejumlah mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, di antaranya Mohammad Nuh, Sudi Silalahi, Chairul Tanjung, Agung Laksono, dan Hatta Rajasa. Pimpinan lembaga tinggi negara yang hadir adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Irman Gusman, dan Ketua DPR Setya Novanto. Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno juga tampak di lokasi. Adapun pimpinan partai politik yang hadir adalah Ketua Umum PPP hasil Muktamar Surabaya Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Ketua Umum PKPI Soetiyoso, Wakil Sekjen PDI Perjuangan Eriko Sotarduga, dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Dalam kongres ini akan digelar pemilihan dan penetapan Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015-2020. Susilo Bambang Yudhoyono berpeluang besar terpilih sebagai ketua umum karena menjadi calon tunggal. Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, semua ketua DPC dan DPD telah menyerahkan dukungan untuk SBY pada Steering Committee Kongres IV. Pendaftaran calon ketua umum telah ditutup sejak pukul 12.00 WIB, Selasa siang.

Dukungan untuk SBY mengalir deras dari peserta kongres karena menganggap Presiden keenam RI itu sukses memimpin Demokrat pada periode sebelumnya. SBY juga diyakini mampu mengembalikan kejayaan Demokrat saat menghadapi pilkada serentak pada akhir tahun ini dan Pemilu 2019.

Setelah acara pembukaan, agenda kongres akan memasuki sidang paripurna. Tidak menutup kemungkinan SBY akan ditetapkan secara aklamasi sebagai ketua umum pada malam hari ini juga.

 

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: