Tidak ada OpenSUSE 13.3, Yang Ada OpenSUSE 42!

OpenSUSE sedang menyiapkan rilis mayor terbaru. Mereka tidak akan menyebutnya OpenSUSE 13.3, tapi OpenSUSE 42. Sangat mudah ditebak apa maksud dari OpenSUSE melakukan hal ini. Iya, karena versi 42 nanti akan menjadi rilis pertama openSUSE yang meninggalkan basis core sebelumnya.

OpenSUSE tiap kali rilisnya memang tidak banyak berubah, masih menggunakan core dan konsep yang sama, kecuali produk rolling-release-nya, Tumbleweed. OpenSUSE 42 akan memuat perubahan besar dari sisi core dan userbase, sehingga menyebutnya sebagai kelanjutan versi sebelumnya menjadi tidak tepat karena perubahannya sangat besar.

Oh iya, angka 42 konon disepakati oleh para pengembang OpenSUSE karena inspirasi yang didapat dari buku The Hitchhickers Guide to The Galaxy oleh Douglas Adam. 42 berarti jawaban untuk apa itu hidup, alam raya dan semuanya.

Seperti diungkapkan dalam blog resminya, om Doglas DeMaio mengungkapkan bahwa OpenSUSE 42 akan tetap dibangun dengan Open Build Service dengan waktu pengembangan seperti layaknya versi stable kemarin. Versi finalnya akan dirilis pada saat penyelenggaraan SUSECon nanti di Amsterdam tanggal 2 – 6 November 2015.

OpenSUSE 42 akan jadi salah satu rilis dengan konsep LTS, jadi bisa dipakai bertahun-tahun.

Sumber: news.opensuse.org

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: