Vatikan Resmi Mengakui Negara Palestina

Vatikan – Vatikan secara resmi mengakui negara Palestina dalam perjanjian baru mereka. Perjanjian, yang diselesaikan Rabu tetapi masih harus ditandatangani, menyebut Takhta Suci mengalihkan hubungan diplomatiknya dari Organisasi Pembebasan Palestina ke negara Palestina.

Vatikan sebelumnya telah menyambut baik keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 2012 untuk mengakui negara Palestina. Namun perjanjian itu merupakan dokumen hukum pertama antara Tahta Suci dan negara Palestina dan merupakan pengakuan diplomatik resmi.

“Ya, itu pengakuan bahwa negara ini ada,” kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan mengunjungi Paus Fransiskus pada hari Sabtu sebelum kanonisasi dua orang suci baru dari Palestina sehari kemudian.

Vatikan telah mengakui negara Palestina selama setidaknya satu tahun. Selama kunjungan Paus tahun 2014, Abbas dalam protokol resmi Vatikan disebut sebagai presiden “negara Palestina.” Dalam buku tahunan terbaru Vatikan, duta besar Palestina untuk Tahta Suci terdaftar sebagai mewakili “negara Palestina”.

Menteri Luar Negeri Vatikan, Antoine Camilleri, mengakui perubahan status ini. Namun dia mengatakan pergeseran itu hanya terkait dengan posisi Takhta Suci.

Sumber: Tempo

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: