• Uncategorized

Ini Manfaat Hamba yang Dermawan


Surabaya,

Menjadi hamba yang memiliki kepedulian terhadap keadaan sekitar tidaklah mudah. Demikian pula dengan menjadi dermawan, padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat. 

“Saya tidak heran dengan mereka yang memiliki ilmu tinggi,” kata KH Imam Hambali, Sabtu (14/5). Pengasuh kegiatan Padhange Ati di salah satu televisi swasta ini mengingatkan bahwa mereka yang berstatus sebagai pejabat sekalipun tidak terlalu menjadi kebanggaan. Demikian pula mereka yang diberikan kelebihan harta yakni orang kaya, lanjutnya.

“Namun yang lebih membanggakan adalah kalau ada orang kaya yang dermawan,” kata Pengasuh Pesantren al-Jihad Surabaya ini. Pun juga para pejabat akan lebih menjadi kebanggaan ketika memiliki kepedulian terhadap kegiatan sekitar. 

Dan jaminan bagi para orang kaya, berilmu, serta pejabat yang dermawan adalah hidupnya akan diridhai Allah SWT. “Dengan hidup diridhai Allah, maka segala kebaikan akan diterima,” kata Kiai Hambali, sapaan akrabnya.

Demikian pula mereka yang dermawan hatinya akan dilembutkan. “Sehingga yang bersangkutan akan mudah tersentuh dan mudah tergugah,” katanya. 

Dan yang juga akan diraih bagi mereka yang dermawan adalah ditakuti setan. 

Penjelasan ini disampaikan KH Imam Hambali ketika membuka Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Ikhwan al-Haromain, Jalan Gubeng Kertajaya 9 F No. 18 Surabaya. Pesantren ini didirikan oleh H Echwan Siswadi, salah seorang pengusaha yang juga Wakil Bendahara PWNU Jawa Timur. Keberadaan pesantren ini khusus untuk mahasiswa di kawasan kampus Universitas Airlangga Surabaya. (Ibnu Nawawi/Mahbib)

Sumber: NU Online

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: