Yum Extender NG – Alat Front-end Grafis Untuk YUM/DNF

5.6K
Yum atau DNF adalah utilitas manajemen paket baris perintah untuk sistem Linux berbasis RPM, seperti Fedora, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), CentOS, AlmaLinux, dan Rocky Linux. Namun, bagi mereka yang lebih menyukai antarmuka pengguna grafis, ada beberapa front-end GUI yang tersedia untuk Yum/dnf. Front-end ini menyediakan antarmuka yang ramah pengguna untuk tugas manajemen paket, termasuk penginstalan, penghapusan, dan pembaruan paket perangkat lunak. Yum Extender NG atau Yumex-ng adalah salah satu ujung depan untuk Yum/dnf, yang menyediakan antarmuka intuitif untuk mengelola paket dengan cara yang mudah digunakan. Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan apa itu Yum Extender NG dan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menginstal dan menggunakan Yumex-ng di Linux.
Contents
Apa itu Yum Extender NG?Instal Yum Extender NG / Yumex-ng di Fedora LinuxCara Menggunakan Yum Extender NG ?Paket FilterTampilkan Bagian FlatpaksQueueLihat RepositoriKesimpulanApa itu Yum Extender NG?

Yum Extender NG, juga dikenal sebagai Yumex-ng, adalah antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk manajer paket Yum/DNF populer yang digunakan dalam distribusi Linux berbasis RPM. Yumex-ng menyediakan antarmuka intuitif yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menginstal, menghapus, dan mengelola paket perangkat lunak pada sistem mereka.

Yum Extender NG hanyalah versi yang ditingkatkan dan ditulis ulang dari ekstender Yum lama (atau yumex) dengan tampilan dan nuansa yang lebih modern menggunakan gtk4/libadwaita. NG di Yum Extender NG menunjukkan Next Gen.

Yumex-ng membuat proses instalasi, penghapusan, peningkatan, dan pembaruan paket jauh lebih mudah melalui antarmuka pengguna grafis yang sederhana namun berfungsi penuh.

Yumex-ng dirancang untuk menyederhanakan proses manajemen paket untuk pengguna yang mungkin tidak nyaman menggunakan antarmuka baris perintah Yum/dnf. Dengan Yumex-ng, pengguna dapat menelusuri dan mencari paket perangkat lunak, melihat informasi rinci tentang setiap paket, dan menginstal atau menghapusnya dengan mudah hanya dengan beberapa klik mouse.

Salah satu fitur penting Yumex-ng adalah kemampuannya untuk menangani dependensi secara otomatis . Saat pengguna memilih paket untuk diinstal, Yumex akan secara otomatis mendeteksi dan menginstal semua dependensi yang diperlukan oleh paket tersebut. Ini dapat menghemat banyak waktu dan tenaga dibandingkan dengan menginstal secara manual setiap paket dan dependensinya secara terpisah.

Yumex-ng juga menyediakan opsi pemfilteran dan penyortiran, yang memungkinkan pengguna menemukan perangkat lunak yang mereka butuhkan dengan cepat berdasarkan berbagai kriteria seperti nama paket, kategori, repositori, dan lainnya. Pengguna juga dapat menyesuaikan tampilan daftar paket mereka dengan memilih kolom mana yang akan ditampilkan dan mengurutkan paket dalam urutan menaik atau menurun.

Fitur berguna lainnya dari Yumex-ng adalah dukungannya untuk banyak repositori. Pengguna dapat dengan mudah menambah dan mengelola repositori perangkat lunak tambahan, yang dapat membantu jika mereka perlu menginstal perangkat lunak yang tidak tersedia di repositori default sistem mereka.

Yumex-ng juga sangat dapat disesuaikan, dengan banyak opsi untuk menyesuaikan antarmuka dan perilaku aplikasi . Pengguna dapat menyesuaikan font dan skema warna, mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tertentu, dan bahkan menyesuaikan opsi baris perintah yang digunakan oleh Yumex-ng saat berjalan di latar belakang.

Yumex-ng adalah program sumber terbuka gratis yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Python. Ini dapat digunakan pada distribusi Linux apa pun yang mendukung manajer paket yum/dnf.
Instal Yum Extender NG / Yumex-ng di Fedora Linux

Saya telah menguji langkah-langkah berikut pada desktop Fedora 38 terbaru. Saya harap ini akan bekerja pada sistem berbasis RPM lainnya juga.

Yum Extender NG, atau Yumex-ng, dapat diinstal melalui repositori Copr pihak ketiga. timlau/yumex-ng
Instal Yumex menggunakan perintah:

$ sudo dnf install yumex

Jika paket yumex-dnf yang lama terinstal, ia akan secara otomatis menghapusnya dari sistem Anda. Itu dia. Yum Extender telah diinstal. Mari kita lanjutkan dan lihat cara menggunakannya.
Cara Menggunakan Yum Extender NG?

Penggunaan Yum Extender NG sangat sederhana dan mudah. Buka Yumex dari dasbor atau menu.

Ini akan meluncurkan antarmuka pengguna grafis (GUI) yumex-ng, memungkinkan Anda untuk mengelola paket sistem Anda.

Anda juga dapat meluncurkan yumex-ng dari baris perintah dengan memasukkan perintah berikut:

$ sudo yumex

Ini adalah antarmuka default Yumex-ng.

Dengan yumex-ng terinstal dan dikonfigurasi, Anda sekarang dapat mulai menggunakannya untuk mengelola paket sistem Anda. Jelajahi paket-paket yang tersedia, pilih salah satu yang ingin Anda instal atau perbarui, dan klik tombol ‘Terapkan’ untuk melakukan perubahan. Paket Filter

Secara default, Yumex-ng hanya akan menampilkan paket yang diinstal. Paket yang diinstal akan ditampilkan dalam warna hijau. Jika Anda ingin menampilkan semua paket lainnya, klik ikon “Pilih Filter Paket” di kiri atas antarmuka Yumex-ng.

Sekarang Anda dapat memilih Pembaruan untuk menampilkan paket yang perlu diperbarui atau Semua (keduanya diinstal dan tidak -diinstal) dari bagian filter. Saya akan mendaftar semua paket.

Sekarang pilih paket yang belum diinstal dan klik tombol “Terapkan” untuk menginstalnya.
Tampilkan Flatpaks

Dengan versi baru, Anda juga dapat menelusuri aplikasi flatpak yang diinstal juga.

Untuk menampilkan aplikasi flatpak, klik Bagian “Flatpaks” di atas. Jika Anda telah menginstal aplikasi flatpak apa pun, aplikasi tersebut akan ditampilkan di sini. Jika tidak, Anda hanya akan melihat layar kosong.

Untuk memasang aplikasi flatpak baru, klik tombol + (plus) dan ikuti petunjuk di layar. Sebelum menginstal flatpaks, Anda harus menambahkan repositori jarak jauh seperti yang dijelaskan dalam panduan instalasi Flatpak.
Queue Section

Bagian ini menunjukkan daftar aplikasi yang ditandai untuk instalasi, pembaruan, dan penghapusan.
Lihat Repositori

Untuk melihat repositori, klik ikon tiga bilah horizontal dan pilih Preferensi option.

Arahkan ke bagian Repositori, di mana Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan repositories.
Conclusion

Secara keseluruhan, Yumex-ng adalah alat manajemen paket yang ramah pengguna yang dapat sangat menyederhanakan proses menginstal, menghapus, dan mengelola paket perangkat lunak pada Linux berbasis RPM sistem. Baik Anda pengguna baru yang masih mempelajari dasar-dasarnya atau veteran Linux berpengalaman, Yumex-ng pasti patut dicoba. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat menginstal dan mengkonfigurasi yumex-ng dengan cepat dan mudah di sistem Linux Anda dan mulai menggunakannya untuk mengelola paket Anda dengan mudah.

Uncategorized