Fitur Terjemah Status di Facebook Dirilis

Jakarta – Setelah menguji dan memperkenalkannya, Facebook kini mulai merilis fitur penerjemah di situsnya secara terbatas. Ini adalah fitur baru yang menerjemahkan secara instant hanya dengan sekali klik.

Berbeda dengan perangkat penerjemah Google, layanan alih bahasa Facebook ini bekerja sama dengan Bing Microsoft tersebut dan bekerja pada postingan di Facebook Pages, termasuk untuk postingan komentar.

Contohnya, jika default language atau pengaturan bahasa di akun Facebook Anda berbahasa Indonesia, dan membaca postingan berbahasa selain bahasa Indonesia pada sebuah Facebook Page, maka akan terlihat tombol ‘Translate’ — dalam default language bahasa Indonesia menjadi ‘Terjemahkan’ — di dekat postingan tersebut. Ketika mengkliknya, akan tampil terjemahan postingan tersebut pada pop up yang muncul.

Namun karena masih baru diluncurkan, belum semua pengguna Facebook bisa menggunakannya. Biasanya Facebook akan merilis secara bertahap hingga akhirnya tersedia bagi Facebooker seluruh dunia.

Hasil terjemahan pun terasa kurang akurat dan dan agak aneh. Sebagai contoh, detikINET mengunjungi Facebook Fan Page milik Justin Bieber. Saat dikunjungi, Jumat (7/10/2011), penyanyi remaja asal Kanada itu memposting status berbahasa Inggris.

“Thanks to all the love ITUNES is now releasing #MISTLETOE early…now coming #OCT17th !! spread the world…we’r going for our first #1! thanks!” 

Setelah diterjemahkan dengan fitur Translate, dan karena default language di akun Facebook yang digunakan adalah bahasa Indonesia, maka status Facebook tersebut menjadi berbunyi:

“Terima kasih kepada semua cinta ITUNES adalah sekarang melepaskan #MISTLETOE awal… sekarang datang # OCT17th! menyebarkan dunia… kami akan kami pertama # 1 r!! Terima kasih!”

Jika fitur ini telah menjangkau seluruh pengguna, setidaknya pengguna tak perlu repot meng-copy paste teks bahasa asing yang ingin dia ketahui artinya ke tool penerjemahan pihak ketiga.

4 thoughts on “Fitur Terjemah Status di Facebook Dirilis

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: