Digugat Miliaran Rupiah Gara-gara Ganti Akun Twitter

Karena mengganti nama akun Twitternya, seorang pria di AS digugat oleh mantan perusahaan tempatnya bekerja senilai 370 ribu dolar AS atau sekitar Rp3,36 miliar (kurs Rp 9.090).

Noah Kravitz, dulunya merupakan seorang blogger yang dipekerjakan oleh kantor berita online, Phonedog, dimana ia bertugas menambah dan menjalin relasi dengan para klien perusahaanye melalui dunia maya, termasuk situs sosial, Twitter.

Menggunakan akun Twitter pribadinya, @Phonedog_Noah, Noah Kravitz menjalankan tugas pekerjaanya. Akun tersebut memiliki pengikut sebanyak 17 ribu orang, sebagian besar merupakan pelanggan perusahaan tempatnya bekerja.

Namun pada bulan lalu, Noah mengundurkan diri, dari Phonedog. Seiring dengan itu ia mengganti nama akun Twiternya. Hal itu ternyata menimbulkan persoalan, Phonedog, merasa dirugikan akibat perbuatan Noah tersebut. Mereka mengaku mengalami kerugian senilai 370 ribu dolar AS, karena mereka telah menginvestasikan sumber daya yang mereka miliki dalam situs sosial Twitter tersebut.

“Media Phonedog mengivestasikan sejumlah uang dan sumber daya ke dalam akun tersebut, hingga jumlah pengikut dan penggemar akun tersebut meningkat dan menimbulkan pengenalan dan pemahaman merek dagang kami,” ujar pihak Phonedog dalam pernyataan resmi mereka melalui rilis yang dilansir BBC, Rabu (28/12/2011).

“Kami bertekad dengan gigih mempertahankan pelanggan kami serta informasi yang sifatnya rahasia, kekayaan intelektual, juga merek dagang,” lanjut mereka.

Phonedog merinci, kerugian yang mereka alami, karena perubahan akun Twitter Noah, sebesar 2,5 dolar AS per satu klien yang memfollow akun Twitter milik Noah.

Menanggapi hal tersebut, Noah mengatakan, pada saat dirinya mengundurkan diri dari Phonedog, ia sudah sepakat dengan mantan majikannya, bahwa Noah tetap boleh memiliki akunnya tersebut, dengan syarat ia harus tetap meladeni ‘tweet’ alias kicauan dari para pengikutnya.

Sumber: TribunNews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: