Twitter Tetap Jamin Kebebasan Berbicara

San Francisco, AS – Kritik mengalir deras menyusul pengumuman disampaikan Twitter bahwa situs mikroblogging tersebut kini bisa menyensor tweet.

Menanggapi kritikan ini, Twitter menegaskan situsnya tetap berkomitmen pada kebebasan berbicara. Dijelaskan Twitter, tweet yang melanggar hukum di salah satu negara tetap dapat dilihat di negara lainnya.

Untuk menandakan sebuah tweet disensor, Twitter akan memberikan notifikasi pada tweet tersebut. Menurutnya, kebijakan ini sama seperti yang dilakukan Google.

“Kami tidak akan menghapus tweet apapun kecuali jika tweet tersebut memang harus diperlakukan demikian. Itu pun setelah dilakukan peninjauan yang cermat di kalangan internal,” demikian pernyataan Twitter seperti dilansir Los Angeles Times (29/1/2012).

Dikatakan Twitter, tweet yang disensor justru sengaja ditampilkan ke publik agar pengguna bisa mengeluarkan pendapat atau protes mengenai tweet yang disensor tersebut.

“Salah satu nilai utama kami sebagai perusahaan adalah membela dan menghormati pendapat setiap pengguna. Kami berupaya menjaga konten dimanapun dan kapanpun kami bisa, dan akan bersikap transparan jika kami tidak bisa melakukannya,” tegas Twitter.

Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: