2012, Windows Phone Store Ketambahan 75.000 Aplikasi

emka.web.id – Microsoft sedang sibuk membangun ekosistem aplikasi untuk sistem operasi ponsel pintar Windows Phone. Sepanjang 2012, perusahaan perangkat lunak raksasa itu mengklaim telah menambah aplikasi hingga dua kali lipat dari jumlah aplikasi yang ada sebelumnya di Windows Phone Store.

Dalam sebuah publikasi di blog resmi pengembang aplikasi Windows, Microsoft telah memberi sertifikasi dan menerbitkan lebih dari 75.000 aplikasi dan game baru untuk Windows Phone, dan ada lebih dari 300.000 update aplikasi. Sayangnya, Microsoft tak menyebut berapa total jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Phone Store saat ini.

Rata-rata pengguna Windows Phone mengunduh 54 aplikasi untuk memperkaya pengalaman memakai.

Microsoft juga memperluas pilihan metode pembayaran atas aplikasi yang dibeli pengguna Windows Phone. Kini tersedia alternatif pembayaran melalui Paypal, Alipay, dan sistem potong pulsa (operator billing) hasil kerjasama dengan operator seluler.

Dalam 3 pekan, ada 6 operator seluler di dunia yang mendukung proyek potong pulsa Microsoft. Di Indonesia, baru XL Axiata yang menerapkan mekanisme potong pulsa pembelian aplikasi Windows Phone. Operator lain dikabarkan akan menyusul jejak XL.

Misi utama Microsoft dalam membangun ekosistem Windows Phone adalah, memberi pengalaman memakai aplikasi yang nyaman, percaya diri, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mereka juga memberi ruang inovasi dan peluang bisnis untuk pengembang aplikasi.

Microsoft mengatakan, pendapatan pengembang aplikasi Windows Phone meningkat 40% sejak diluncurkannya software development kit (SDK) Windows Phone 8 sebulan lalu.

Selain itu, Microsoft juga telah memperluas jangkauan toko aplikasi Windows Phone Store. Dari 35 negara pada awal tahun 2012, kini hingga akhir tahun Windows Phone Store telah dibuka di 191 negara.

Sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8 diumumkan pada Juni 2012, namun ia secara resmi dirilis pada 29 Oktober 2012. Terjadi banyak perubahan pada Windows Phone 8, antara lain mendukung penggunaan prosesor multi-core, resolusi layar yang lebih tinggi, dan mendukung penambahan kartu memori eksternal.

Di Windows Phone 8, Microsoft memutuskan untuk tak lagi menggunakan kernel (inti program) Windows CE. Windows Phone 8 kini menggunakan kernel Windows NT, sebuah kernel yang juga digunakan oleh sistem operasi Windows 8 untuk komputer dan tablet. Ini menyebabkan ponsel-ponsel Windows Phone versi 7 tak dapat diperbarui sistem operasinya ke Windows Phone 8.

Microsoft mengklaim, Windows Phone bukan sekedar ponsel pintar yang bisa menjalankan aplikasi. Lebih dari itu, ia adalah sebuah komputer yang bisa melakukan panggilan telepon.

Sumber: KOMPAS Tekno

%d bloggers like this: