Bill Gates dan Sejumlah Komisaris Microsoft Tolak Akuisisi Nokia

CEO baru Microsoft, Satya Nadella, juga termasuk yang tidak setuju dengan rencana akuisisi tersebut. Namun, belakangan Nadella dilaporkan mengubah pendiriannya.

“Nokia memiliki pengalaman mendalam tentang hardware, software, desain, dan rantai suplai global, serta memiliki pemahaman dan koneksi yang banyak di pasar mobile,” terang Nadella. “Jadi, ini adalah langkah yang tepat bagi Microsoft,” imbuhnya.

Menurut Bloomberg, saat itu sebagian direksi menolak rencana akuisisi dengan alasan harganya terlalu mahal dan prosesnya terlalu rumit. Divisi perangkat dan layanan Nokia saat itu juga dianggap tidak dibutuhkan oleh Microsoft.

Perbedaan antara Ballmer dan direksi yang lain mencapai puncaknya pada Juni 2013 lalu. Dalam sebuah pertemuan, Ballmer mengatakan jika rencananya tersebut tidak direstui, dia akan mundur dari jabatan CEO.

Saat itu, Ballmer, dikabarkan oleh sumber Bloomberg, sampai berteriak-teriak histeris di ruangan pertemuan hingga suaranya terdengar dari luar ruangan.

Pada akhirnya, rencana Ballmer mendapat persetujuan dari direksi Microsoft. Microsoft pun menandatangani kesepakatan dengan Nokia senilai 7,2 miliar dollar AS.

Namun, hubungan antara Ballmer dan direksi lain sudah tidak harmonis lagi. Ballmer pun kemudian diminta untuk mengundurkan diri dari jabatan CEO lebih cepat dari yang direncanakannya.

Akuisisi Microsoft terhadap Nokia direncanakan bisa selesai pada kuartal pertama tahun ini, atau April 2014. Sumber: Kompas.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: