Skrip Pengenal Versi Windows Halangi Penggunaan Nama Windows 9?

Jakarta – Masih banyak yang bertanya-tanya alasan Microsoft melangkahi Windows 9. Meski lantaran dianggap memiliki update mayor dibanding Windows 8, sejumlah analis meragukan hal itu dan menyebut permasalahannya berasal dari Windows 95. Kok?

Akibat update mayor tersebut, Windows 9 ‘dikorbankan’ karena bila menggunakan nama itu kesannya hanya sedikit berubah dari Windows 8. Namun spekulasi berbeda disampaikan sejumlah analis beserta buktinya.

Buktinya adalah sebuah script yang telah sejak lama ada dalam OS Windows yakni sejak Windows 95. Isi script tersebut adalah telah tertulisnya Windows 9 yang saat itu mewakili Windows 95 dan juga Windows 98.

Adapun fungsi script ini disebut agar aplikasi yang diinstal dapat mengenali versi Windows yang digunakan pengguna, yang dalam hal ini adalah Windows 95 dan Windows 98.

Menurut sejumlah analis, script tersebut bisa jadi masalah bila Microsoft memaksa menggunakan nama Windows 9 pada OS barunya. Karena ditakutkan aplikasi yang diinstal pada Windows 9 justru mengenalinya sebagai Windows 95 atau Windows 98, yang bisa mengakibatkan aplikasi tersebut ‘terganggu’ atau bahkan sama sekali tak bisa dijalankan.

Namun tentunya itu semua masih sebatas analisa, adapun yang tahu alasan sesungguhnya pastinya adalah Microsoft sendiri. Jadi selama perusahaan yang dipimpin Satya Nadella itu tak mengungkapnya, analisa tersebut selamanya akan tetap jadi spekulasi. Berikut script yang dimaksud.

if(version.StartsWith("Windows 9"))

{ /* 95 and 98 */ } else {

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: