Cara Menginstal Windows 11 Lite di PC Anda

Kami tidak asing dengan fakta bahwa Windows 11 adalah sistem operasi yang penuh dengan fitur dan daya tarik estetika. Tetapi meskipun Windows 11 membawa peningkatan substansial, itu haus sumber daya dan dapat dengan cepat menyumbat sistem lama hingga Anda bahkan tidak dapat menjalankannya dengan lancar. Jika Anda membaca artikel terbaru kami tentang Tiny 10, versi Windows 10 yang dilucuti, Anda pasti bertanya-tanya apakah hal seperti ini ada untuk Windows 11. Nah, Anda beruntung karena memang demikian! Kami telah menemukan versi Windows 11 yang paling ringan, dan dapat berjalan bahkan pada sistem yang paling lama. Jadi ambil pen drive, dan saya akan menunjukkan cara menginstal Windows 11 Lite di PC Anda.

Instal Windows 11 Lite di PC Anda (2022)

Sementara panduan ini akan menjelaskan cara menginstal Windows 11 Lite di komputer Anda, panduan ini juga akan menjawab beberapa pertanyaan penting yang mungkin Anda miliki tentang build ini di bagian FAQ. Jika Anda lebih suka melompat ke sana dan membacanya terlebih dahulu, gunakan tabel di bawah ini untuk melakukannya. Daftar Isi Apa Itu Windows 11 Lite dan Bagaimana Cara Kerjanya? Hal-Hal yang Anda Butuhkan Sebelum Menginstal Windows 11 Lite Build Windows 11 Lite NeelkalpaRufus dan Pen DriveMembuat Partisi untuk Menginstal Windows 11 LiteMembakar ISO Image ke Drive USBCara Menginstal Windows 11 Lite di PC AndaKompres Windows 11 Lite Lebih JauhWindows 11 Lite: Kesan AwalDebloat Windows 11 Build Alih-alihFrequently Asked Questions (FAQ)Apakah Windows 11 Lite Aman?Apakah Aplikasi Seperti Microsoft Store atau Xbox Live Hadir?Apakah Windows 11 Lite ini juga Mengurangi Waktu Mulai?

Apa Itu Windows 11 Lite dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Build Windows 11 Lite 21H2 yang akan kita instal dibuat oleh Neelkalpa’s Tech, kreator YouTube. Build Windows 11 Lite ini pada dasarnya adalah versi sederhana yang hanya berisi file Windows 11 yang diperlukan untuk membuat OS berfungsi. Keuntungan terbesar dari build ini adalah dapat berjalan pada sistem dengan RAM serendah 256 MB dan penyimpanan serendah 10GB, yang benar-benar gila.

Namun, seperti yang Anda harapkan, sebagian besar efek haus sumber daya telah dihapus dari build Windows 11 Lite ini, termasuk animasi cepat yang disukai beberapa pengguna. Anda juga tidak akan menemukan aplikasi Windows standar lainnya, termasuk Microsoft Store, Windows Defender, dan Layanan Xbox, untuk beberapa nama. Namun, menghapusnya juga berarti Windows 11 Lite seharusnya lebih cepat dan lebih hemat daya. Jika ide Windows 11 yang ringan tampaknya menarik bagi Anda, teruslah membaca saat kami menunjukkan cara menginstalnya.

Hal-Hal yang Anda Butuhkan Sebelum Menginstal Windows 11 Lite

Meskipun Anda sangat ingin menginstal versi Windows 11 yang paling ringan ini, ada beberapa hal yang Anda perlukan sebelum kita bisa mulai. Lihat daftar di bawah ini, dan pastikan untuk mencoretnya.

1. Neelkalpa’s Windows 11 Lite Build

Karena ini adalah file ISO khusus Windows 11, Anda tidak dapat menginstalnya melalui Microsoft. Untungnya, pembuatnya telah membuatnya sangat mudah untuk mengunduhnya. Anda dapat mengunjungi saluran YouTube (mengunjungi) pembuat dan menonton video yang ditautkan untuk mendapatkan file ISO. Namun, demi menghemat waktu, saya memberi Anda tautan langsung ke pembuatannya di sini. Cukup unduh Windows 11 Lite ISO (Get) dan simpan di desktop Anda. Saat Anda mengekstrak file, itu akan meminta kata sandi Anda, yaitu: Techbyneel. 2. Rufus dan Pen Drive

Sama seperti gambar ISO lainnya, gambar ini perlu di-flash ke pen drive untuk penginstalan. Untuk membuat drive USB yang dapat di-boot, kita memerlukan perangkat lunak utilitas Rufus (Get). Cukup unduh dan simpan pen drive untuk proses di bawah ini. Membuat Partisi untuk Menginstal Windows 11 Lite

Tidak masalah jika Anda menginstal Windows 11 Lite build ini atau hanya mem-boot ganda, Anda akan memerlukan partisi di komputer Anda untuk itu. Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita lanjutkan membuatnya, sehingga kita dapat menggunakannya dalam pengaturan Windows 11 Lite. Saya akan menggunakan PC Windows 11 standar untuk ini. Bagi mereka yang memiliki versi Windows lainnya, langkah-langkahnya tetap sama, jadi ikuti di bawah ini.

1. Gunakan pintasan keyboard Windows 11Win+R untuk membuka prompt Run. Di sini, ketik “diskmgmt.msc” dan tekan Enter. Ini akan membuka jendela Manajemen Disk.

2. Anda sekarang akan melihat hard drive Anda dan partisi yang telah dibuat sebelumnya. Anda perlu menemukan ruang yang tidak terisi yang diwakili dalam warna hitam atau mengecilkan volume dan mendapatkan beberapa. Bergantung pada situasi Anda, klik kanan pada partisi yang tidak Anda perlukan dan pilih salah satu opsi. Untuk mengecilkan satu, cukup klik kanan partisi yang ada dan kemudian klik ‘Shrink Volume’. Setelah itu, pilih Shrink pada kotak yang muncul.

3. Setelah Anda melihat ruang yang tidak terisi, klik kanan padanya dan tekan ‘New Simple Volume’.

4. Ikuti wizard pengaturan dan tetapkan drive Anda huruf dan nama. Saya menamakannya Windows 11 Lite untuk kesederhanaan. Anda dapat membiarkan pengaturan lainnya tidak tersentuh.

5. Klik Finish dan partisi baru akan dibuat.

Dengan partisi yang sekarang dibuat, kita hampir sampai. Mari lanjutkan untuk membakar gambar ISO Windows 11 Lite di bagian selanjutnya.

Membakar ISO Image ke Drive USB

Kita sekarang akan melanjutkan untuk membakar image ISO Windows 11 Lite ke pen drive untuk instalasi. Asalkan Anda sudah menginstal Rufus dari atas, colokkan USB Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Rufus di komputer Anda untuk memulai. Pastikan Anda memilih drive USB Anda dengan mengklik tombol drop-down di sebelah “Perangkat”.

2. Selain pemilihan boot, klik tombol “Pilih” untuk memilih file ISO Anda.

3. Arahkan ke direktori tempat Anda menyimpan build. Dalam kasus saya, saya telah melakukannya di desktop. Pilih dan tekan Buka.

4. Sekarang, tekan tombol “Mulai”. Anda tidak perlu mengubah pengaturan lainnya.

5. Tekan “OK” untuk memberikan persetujuan Rufus untuk memformat pen drive Anda.

6. Bergantung pada PC Anda, prosesnya dapat berlangsung dari 2 hingga 10 menit. Setelah selesai, Anda akan melihat pesan berikut dan kemudian dapat menekan Tutup dan keluarkan pen drive Anda.

Dan kami siap untuk pergi. Teruslah membaca di bawah ini saat kita masuk ke instalasi Windows 11 Lite yang sebenarnya.

Cara Install Windows 11 Lite di PC

Sekarang mari kita install build Windows 11 Lite ke PC kita. Sebelum kita mulai, colokkan pen drive ke PC target dan matikan. Setelah selesai, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tekan tombol ‘Power On’ pada PC Anda dan tekan tombol BIOS berulang kali. Ini berbeda dari pabrikan ke pabrikan tetapi kebanyakan antara ‘F2, ‘F8’ atau ‘F12’. Dalam kasus laptop Asus saya, itu adalah F2. Anda dapat mengikuti panduan kami tentang cara membuka BIOS atau UEFI di Windows 11 di sini.

2. Setelah Anda berada di pengaturan BIOS, temukan menu Boot Order dan pilih pen drive untuk boot. Untuk melakukannya, cukup arahkan kursor menggunakan tombol panah keyboard Anda dan tekan Enter.

3. Anda sekarang akan memasuki pengaturan Windows dalam beberapa menit, dan Anda dapat mengikuti seperti yang Anda lakukan dalam pengaturan standar. Di layar pemilihan partisi, pilih partisi yang kita buat sebelumnya dan lanjutkan.

4. Bergantung pada perangkat keras Anda, prosesnya mungkin membutuhkan waktu untuk diselesaikan, jadi jangan panik jika terlihat macet. Setelah selesai, PC Anda akan restart beberapa kali, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan boot ke desktop Windows 11 Lite!

Dan semudah itu! Windows 11 Lite sekarang diinstal pada PC Anda. Meskipun Anda dapat menggunakannya apa adanya, kami akan terus mengompresnya lebih banyak lagi, jadi mari lakukan itu di bagian di bawah ini.

Kompres Windows 11 Lite Lebih Jauh

Jika saat ini Anda memeriksa ukuran instal Windows 11 sekarang, Anda akan melihatnya sedikit di atas 8GB. Meskipun itu jauh lebih rendah daripada instalasi Windows standar (~25GB), kami dapat menurunkannya sedikit lebih jauh. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

1. Di desktop Windows 11 Lite, Anda akan melihat file bernama ‘Compressor.exe’. Klik kanan dan klik ‘Jalankan sebagai administrator.

2. Kompresor sekarang akan terbuka dan mulai bekerja secara otomatis. Biarkan saja dan periksa kembali dalam beberapa menit. Anda harus memulai ulang Windows 11 untuk melihat perubahannya. Namun, sebelum kita melakukannya, mari kita juga mematikan file halaman untuk menghemat lebih banyak ruang.

Catatan: Lewati langkah-langkah di bawah ini jika sistem Anda memiliki RAM lebih rendah dari 512MB.

3. Klik dua kali ‘PC ini’ di desktop untuk membukanya. Klik kanan pada ikonnya dari bilah sisi kiri dan buka jendela “Properti”.

5. Gulir ke bawah dan klik “Pengaturan Sistem Lanjut” untuk membuka jendela pop-up lain.

6. Di bawah bagian Kinerja, klik “Pengaturan”.

7. Di jendela pop-up “Opsi Kinerja”, pindah ke tab “Lanjutan” dan klik “Program” di bawah bagian “Sesuaikan untuk kinerja terbaik”.

9. Sekarang di bawah Virtual Memory, klik “Change” dan kemudian hapus centang pada opsi “Automatically manage paging file size of all drives”.

10. Sekarang turunkan sedikit, aktifkan opsi “No paging file”, dan klik tombol “Set” di sebelahnya.

11. Sebuah jendela pop-up sekarang akan muncul di layar Anda memperingatkan Anda tentang perubahan tersebut. Cukup tekan Ya lalu tekan Terapkan.

Nyalakan kembali PC Anda dan periksa kembali properti file. Anda melihat ukuran instalasi telah berkurang lebih jauh dan sekarang di bawah 5GB! Anda sekarang dapat terus menggunakan Windows 11 Lite sepuasnya dan menjelajah.

Windows 11 Lite: Kesan Awal

Setelah menggunakannya selama beberapa hari, saya menyukai Windows 11 Lite karena dampaknya yang ringan pada PC. Selain penyimpanan ekstra yang saya miliki di drive saya, penggunaan CPU dan RAM sekarang bahkan lebih rendah dibandingkan dengan Windows 11 standar. Saya juga tidak menemukan bug atau gangguan Windows saat menggunakan PC. Satu-satunya hal yang layak disebutkan adalah bahwa fitur tangkapan layar Windows+Shift+S yang terkenal tidak berfungsi. Sekarang seperti yang disebutkan di atas, tidak ada aplikasi atau layanan tambahan pada perangkat, yang membantu memberikan kinerja yang lancar dan waktu start-up yang lebih baik.

Namun, itu juga berarti tidak ada Windows Defender, Microsoft Store, atau perangkat lunak pihak ketiga mana pun. Jika Anda menginginkan ini, Anda dapat menginstal browser pengembangan Firefox yang disediakan pada USB di folder ekstra dan kemudian sideload semua aplikasi ini jika Anda mau. Namun, saya menyarankan untuk tidak melakukannya karena Windows yang kosong adalah yang kami harapkan di sini. Juga, beberapa fitur Windows 11 seperti animasi yang halus tidak ada, tapi sejujurnya saya menyukainya karena seberapa cepat jendela terbuka sekarang. Secara keseluruhan, saya menyukai build Windows 11 Lite ini dan pasti dapat melihat diri saya menginstalnya sebagai alternatif ChromeOS Flex di lebih banyak sistem. Debloat Windows 11 Build Anda Sebagai gantinya

Meskipun build Windows 11 Lite yang kami instal cukup aman, mendebloasi salinan Windows 11 Anda yang sudah ada adalah alternatif yang bagus bagi pengguna yang tidak ingin mengambil risiko. Dengan mendebloasi PC Anda, Anda akan dapat menghapus aplikasi dan layanan yang tidak perlu dari sistem Anda. Ini juga akan membantu menghapus layanan pelacakan tambahan yang mungkin berjalan di PC Anda di latar belakang. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang ingin menyimpan salinan Windows 11 yang sudah ada, pelajari cara mendebloat Windows 11 di sini dan buat build yang ada menjadi lebih ringan. Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apakah Windows 11 Lite Aman?

Dalam pengalaman saya menggunakan build Windows 11 yang ringan ini, saya tidak menemukan perangkat lunak berbahaya pada file atau layanan saya. Namun, untuk amannya, saya menjalankan pemindaian Malwarebytes, dan itu benar-benar menangkap dua modifikasi registri berjudul ‘PUM.Optional.DisableMRT’.

Sebelum Anda panik, Anda harus tahu bahwa modifikasi ini dibuat oleh admin untuk memblokir pemindaian dan pelaporan alat Penghapusan Perangkat Lunak Berbahaya Microsoft sebulan sekali. Meskipun saya tidak dapat berbicara atas nama pembuatnya, saya berasumsi bahwa modifikasi ini dibuat untuk memastikan build tidak terhambat oleh layanan Microsoft lainnya. Namun, jika Anda merasa modifikasi ini tidak sepadan, Anda harus tetap melakukan debloating Windows 11 Anda dengan mengikuti bagian di atas.

Apakah Aplikasi Seperti Microsoft Store atau Xbox Live Present?

Seperti yang disebutkan di atas, aplikasi ini tidak ada di Windows 11 Lite ini Versi: kapan. Dalam upaya untuk menghemat ruang, pencipta telah menghapusnya dari build. Namun, Anda dapat dengan mudah menginstal kembali semua perangkat lunak ini karena build ini berfungsi seperti Windows lainnya. Apakah Windows 11 Lite ini juga Mengurangi Waktu Pengaktifan?

Faktanya, memang demikian. Saya perhatikan waktu start-up turun setidaknya 40 detik saat menggunakan build Windows 11 Lite ini. Tergantung pada perangkat keras sistem Anda, Anda mungkin lebih beruntung. Instal Build Windows 11 Ringan di PC Anda

Saya harap Anda bersenang-senang menjelajahi build Windows 11 yang ringan ini. Namun, jika Anda lebih suka tetap menggunakan standar Windows 11 build, periksa fitur Windows 11 terbaik dan tingkatkan pengalaman Anda. Juga, saat Anda melakukannya, pelajari tentang fitur tersembunyi Windows 11 paling keren melalui artikel tertaut. Jika Anda telah menginstal build ringan ini, bagaimana pengalaman Anda menggunakan Windows 11 Lite? Beri tahu kami di komentar di bawah!

Itulah berita seputar Cara Menginstal Windows 11 Lite di PC Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari Beebom.com.