Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di Windows 11

Beberapa aplikasi mengakses data lokasi Anda di PC Windows 11 Anda setiap hari. Namun, jika Anda tidak ingin aplikasi melacak lokasi Anda, Windows menawarkan cara bagi Anda untuk menonaktifkan layanan lokasi dari aplikasi Pengaturan. Dalam tutorial ini, kami telah merinci langkah-langkah cara menonaktifkan pelacakan lokasi di Windows 11.

Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di Windows 11 (2022)

  1. Buka aplikasi Pengaturan menggunakan pintasan keyboard Windows 11 “Win + I” dan alihkan ke tab “Privasi & keamanan” dari bilah sisi kiri.
  2. Di bawah bagian “Izin aplikasi” di panel kanan, pilih “Lokasi” untuk melihat pengaturan khusus lokasi.
  3. Sekarang, nonaktifkan sakelar “Layanan lokasi”, dan Anda sudah siap. Aplikasi yang telah Anda instal di PC Windows 11 tidak lagi dapat mengakses lokasi perangkat Anda. Nonaktifkan Pelacakan Lokasi Windows 11 pada Basis Per-Aplikasi

Jika Anda ingin aplikasi tertentu memiliki akses ke lokasi Anda, Anda juga dapat melakukannya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara kerjanya:

  1. Arahkan ke Pengaturan -> Privasi & keamanan -> Lokasi dan aktifkan sakelar “Biarkan aplikasi mengakses lokasi Anda”.
  2. Anda sekarang akan melihat daftar aplikasi sistem dan aplikasi yang telah Anda unduh dari Microsoft Store. Di sini, Anda dapat memilih untuk mengizinkan atau menolak akses lokasi ke aplikasi tertentu. Jika Anda ingin menonaktifkan akses lokasi ke aplikasi desktop lain, periksa bagian berikutnya.

Nonaktifkan Pelacakan Lokasi di Windows 11 untuk Aplikasi Desktop

Untuk menonaktifkan akses lokasi untuk aplikasi desktop, kunjungi Pengaturan -> Privasi & keamanan -> Lokasi dan gulir ke bawah di bagian “Biarkan aplikasi mengakses lokasi Anda”. Anda akan menemukan sakelar “Biarkan aplikasi desktop mengakses lokasi Anda” di bagian bawah. Menonaktifkan sakelar akan mencegah aplikasi desktop mengakses lokasi tepat Anda. Setel Lokasi Default untuk Aplikasi di Windows 11

Jika Anda tidak ingin aplikasi mengakses lokasi persis Anda, Anda memiliki opsi untuk menyetel lokasi default. Dengan cara ini, aplikasi akan tetap mengetahui wilayah Anda dan dapat menampilkan konten yang relevan. Berikut cara melakukannya:

  1. Untuk mengatur lokasi default di Windows 11, buka Pengaturan -> Privasi & keamanan -> Lokasi dan klik tombol “Setel default” di sebelah opsi “Lokasi default”.
  2. Windows sekarang akan membuka aplikasi Maps. Klik “Setel lokasi default” dan pilih perkiraan wilayah yang ingin Anda gunakan sebagai lokasi default PC Anda. Hapus Riwayat Lokasi di Windows 11

Setelah menonaktifkan akses lokasi, jangan lupa untuk menghapus riwayat lokasi Anda. Opsi ini menghapus log lokasi Anda sebelumnya dan memberi Anda awal yang baru. Untuk menghapus data lokasi lama Anda, buka Pengaturan -> Privasi & keamanan -> Lokasi dan klik tombol “Hapus” di sebelah opsi “Riwayat lokasi”. Pertanyaan yang Sering Diajukan

Q: Bagaimana cara mengubah lokasi di Windows 11?

Anda dapat mengubah lokasi default pada PC Windows 11 Anda dari Pengaturan -> Privasi & keamanan -> Lokasi -> Lokasi default.

Q: Mengapa komputer saya memiliki lokasi yang salah?

PC Windows 11 Anda mungkin menunjukkan lokasi yang salah saat Anda terhubung ke VPN. Anda dapat mematikan VPN untuk memberikan akses aplikasi ke lokasi Anda saat ini melalui layanan lokasi.

Q: Mengapa komputer saya mengatakan lokasi saya sedang digunakan?

Windows 11 menampilkan prompt “Lokasi Anda sedang digunakan” di baki sistem untuk menunjukkan bahwa aplikasi sedang mengakses data lokasi. Anda harus meninjau pengaturan privasi Anda dan mencopot pemasangan aplikasi jahat jika Anda melihat pemberitahuan ini saat Anda tidak menggunakan aplikasi terkait lokasi. Tingkatkan Privasi dengan Menonaktifkan Akses Lokasi di Windows 11

Menonaktifkan akses lokasi akan membantu menghindari upaya pelacakan lokasi yang tidak diinginkan dari aplikasi yang mengganggu. Dalam prosesnya, Anda juga akan mengenal aplikasi yang sebelumnya telah mengakses data lokasi Anda. Jika Anda menemukan aplikasi yang melacak lokasi Anda tanpa kasus penggunaan, jangan ragu untuk menghapusnya. Sebelum Anda pergi, periksa daftar pengaturan Windows 11 yang harus Anda ubah untuk melindungi privasi Anda.

Itulah berita seputar Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari Beebom.com.