Belajar WordPress: Menjual Plugin WordPress Buatan Sendiri

Mendapat nilai ekonomi dari keahlian sendiri dalam mengutak-atik WordPress adalah impian saya. Banyak peluang bisnis yang dapat anda peroleh jika telah menguasai WordPress. Peluang yang tentunya sangat besar valuenya adalah sebagai Support (baik Technical Support atau Administrative Support) untuk pengelolaan sebuah Website yang berbasis WordPress. Automattic,Inc. sebagai pemilik WordPress adalah salah satu contoh utama dalam peluang bisnis ini. Automattic menyediakan support premium bagi sejumlah perusahaan besar, dengan nilai eknonomi miliaran dollar.

Selain sebagai seorang support, kita juga bisa menjual jasa pembuatan website berbasis WordPress. Pun bisa dikhususkan lagi peluang ini menjadi pembuat themes WordPress baik free maupun premium. Ada lagi yang lebih khusus menggarap peluang pembuatan plugin premium. Walaupun telah ada ratusan ribu plugin gratis yang disediakan di WordPress.org tapi banyak konsumen yang menginginkan plugin-plugin yang spesifik sesuai kebutuhannya, itulah peluangnya.

Untuk saat ini, sebagai seorang yang sudah bisa membuat plugin WordPress saya sudah terdaftar di wpplugins.com.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

3 Responses

  1. edionline says:

    Mas, ada enggak ebook cara membuat plugin owrdpress atau membuka kursus cara pembuatan plugin wordpress?

    • admin says:

      beli aja buku “Professional WordPress Plugin Development” dari Appress. Saya sedang nulis buku juga dan video tutorialnya, tapi masih lama selesainya, masih cukup sibuk sekarang. Silakan kalau serius hubungi saya via email saja.

  2. Jadi tertarik untuk membuat plugin sendiri. Dan makasih rekomendasi bukunya. Saya akan cari di Gramedia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: