WordPress 6.0 Beta 1 Dirilis

WordPress 6.0 Beta 1 sekarang tersedia untuk diunduh dan diuji.

Versi perangkat lunak WordPress ini sedang dalam pengembangan. Harap jangan menginstal, menjalankan, dan menguji versi WordPress ini di situs web produksi atau misi penting. Sebagai gantinya, Anda disarankan untuk menguji Beta 1 di server dan situs pengujian.

Anda dapat menguji WordPress 6.0 Beta 1 dengan tiga cara:

Opsi 1: Instal dan aktifkan plugin WordPress Beta Tester (pilih saluran “Bleeding edge” dan aliran “Beta/RC Only”).
Opsi 2: Unduh langsung versi beta di sini (zip).
Opsi 3: Gunakan WP-CLI untuk menguji: wp core update –version=6.0-beta1.
Jangan gunakan opsi ini jika sistem file Anda peka huruf besar/kecil.

Target saat ini untuk rilis final adalah 24 Mei 2022, yaitu sekitar enam minggu lagi.

Informasi WordPress 6.0

Periksa blog Make WordPress Core untuk catatan pengembang terkait 6.0 dalam beberapa minggu mendatang yang akan merinci semua perubahan yang akan datang.

Jauhkan Bug WordPress Gratis – Bantuan dengan Pengujian
Pengujian untuk masalah sangat penting untuk menstabilkan rilis selama pengembangannya. Pengujian juga merupakan cara yang bagus untuk berkontribusi. Jika Anda belum pernah menguji rilis beta sebelumnya, panduan terperinci ini akan memandu Anda melalui cara memulai.

Pengujian membantu memastikan bahwa rilis WordPress ini dan yang akan datang sestabil dan sebebas mungkin dari masalah. Dan siapa pun dapat melakukannya – terutama anggota komunitas WordPress yang hebat seperti Anda.

Ingin tahu lebih banyak tentang menguji rilis seperti ini? Baca tentang inisiatif pengujian yang terjadi di Make Core. Anda juga dapat bergabung dengan saluran yang dapat diakses publik di ruang kerja Making WordPress Slack.

Jika Anda merasa mengalami masalah, harap laporkan ke area Alfa/Beta di forum dukungan. Jika Anda merasa nyaman menulis laporan bug yang dapat direproduksi, Anda dapat mengajukannya di WordPress Trac. Ini juga tempat Anda dapat menemukan daftar bug yang diketahui.

Untuk meninjau fitur dalam rilis Gutenberg sejak WordPress 5.9 (rilis utama WordPress terbaru), akses posting Apa yang Baru Di Gutenberg untuk 13.0 (rilis tertunda), 12.9, 12.8, 12.7, 12.6, 12.5, 12.4, 12.3, 12.2, 12.1, dan 12.0.

Di luar perubahan yang dicatat, yang mencakup lebih dari 400 pembaruan dan 500 perbaikan bug untuk editor, kontributor telah memperbaiki 189 tiket untuk inti WordPress 6.0, termasuk 91 fitur dan peningkatan baru. Lebih banyak perbaikan sedang dalam perjalanan.

Highlight

Ingin tahu apa yang baru di versi 6.0? Baca terus untuk beberapa sorotan.

Rilis WordPress 6.0 akan dikemas dengan semua jenis peningkatan. Berikut adalah beberapa:

  • Pergantian Gaya: ubah tampilan dan nuansa situs Anda, semuanya dalam satu tema blok. Tidak perlu mengubah tema!
  • Opsi template lainnya: gunakan blok untuk mengedit lima templat lagi (penulis, tanggal, kategori, tag, dan taksonomi).
  • Multi-Option: Mudah memilih teks di beberapa blok. Sunting sesuai keinginan Anda.
  • Pertahankan Theme: Pertahankan theme khusus Anda, baik mengubah antar blok atau membuat tombol baru.
  • Lebih banyak pola di lebih banyak tempat: Quick Inserter memunculkan pola yang mungkin bekerja dengan baik untuk kondisi Anda saat ini, memanggang dalam pola yang relevan untuk bagian template dan halaman yang sedang Anda kerjakan.
  • Peningkatan Tampilan Daftar: Pintasan keyboard baru (shift + klik) memungkinkan Anda memilih beberapa blok untuk dimodifikasi secara massal (memposisikan ulang, menghapus, dll.), melihat konten Anda secara sekilas dengan tampilan default yang diciutkan, dan banyak lagi.
  • Alat desain yang disempurnakan: Jelajahi panel warna baru, opsi transparansi, lebih banyak variasi blok grup untuk membuat opsi tata letak baru (Stack, Row), kemampuan untuk mengatur gambar unggulan Anda di blok Cover, mengontrol ukuran yang tepat dari gambar unggulan Anda, celah dukungan untuk blok Galeri, dan banyak lagi.
  • Blok baru: Komentar, Baca Selengkapnya, Tidak ada hasil di Loop Kueri, biografi Penulis Postingan, Blok Avatar.
  • Block Locking UI: Pilih untuk menonaktifkan opsi untuk menghapus blok, memindahkannya, atau keduanya, langsung di editor.
  • Ekspor tema blok: Jelajahi alat ekspor tema blok yang ditingkatkan, karena WordPress semakin dekat dengan pembuatan tema blok visual tanpa kode.
  • Webfonts API: Kelola font lokal dengan PHP atau theme.json.

 

Terima kasih kepada kontributor berikut untuk berkolaborasi dalam posting ini: @annezazu, @chanthaboune, @marybaum, @priethor, dan @webcommsat.