Apa itu Aplikasi Freeform Apple dan Bagaimana Anda Menggunakannya?

Freeform adalah alat papan tulis kolaboratif gratis untuk iPhone, iPad, dan Mac. Tempatkan bentuk dan kotak teks, gambar, dan impor media lain untuk bertukar pikiran dan merencanakan proyek. Berkolaborasi dengan orang lain secara waktu nyata dengan berbagi papan Anda hingga dengan 100 orang.

Apple kini menyertakan aplikasi bernama Freeform di iPhone, iPad, dan Mac. Jadi apa sebenarnya yang dilakukan aplikasi ini, apa manfaatnya, dan bisakah Anda menghapusnya?

Apa itu Aplikasi Freeform di iPhone, iPad, dan Mac?

Freeform adalah aplikasi papan tulis gratis yang dirancang untuk pembuatan ide, perencanaan, dan kolaborasi. Aplikasi Apple pihak pertama ini tersedia untuk iPhone, iPad, dan Mac tetapi tidak muncul hingga pembaruan iOS 16.2, iPadOS 16.2, dan macOS 13.1 pada akhir tahun 2022.

Freeform menyertakan alat untuk menempatkan kotak teks, bentuk, dan geometri, perangko, catatan tempel, plus alat pena dan pensil. Anda juga dapat menyisipkan gambar dari File, tautan web, pemindaian dokumen, tangkapan kamera, atau media yang disimpan di perpustakaan Foto Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Bentuk Bebas

Bentuk bebas menggunakan apa yang disebut Apple sebagai “papan” sebagai kanvas dengan skala tak terbatas, dengan latar belakang kisi yang dapat Anda gunakan hidupkan dan matikan. Anda dapat menggunakan alat di bagian atas (iPad dan Mac) atau bawah (iPhone) layar untuk menambahkan teks, gambar, bentuk yang dikategorikan, dan media lainnya.

Objek ini berbasis vektor, yang artinya dapat diubah ukurannya dan dipindahkan sekitar tanpa kehilangan kualitas, tidak seperti media raster seperti foto yang kehilangan kualitas jika Anda memperbesar atau memperbesar terlalu banyak. Alat menggambar hanya tersedia di perangkat layar sentuh.

Ketuk atau klik dan seret untuk memposisikan ulang dan mengubah ukuran item. Item dapat diedit setelah Anda menempatkannya, termasuk gambar yang muncul sebagai objek seperti objek lainnya. Klik kanan atau ketuk lalu gunakan menu konteks “…” untuk mengakses lebih banyak kontrol seperti kemampuan untuk memindahkan objek ini ke belakang atau ke depan dalam tumpukan, menguncinya di tempatnya, mengubah warna, menggandakan, dan lainnya.

Gunakan tombol “Bagikan” untuk menambahkan kolaborator lain ke papan Anda. Anda dapat memiliki hingga 100 orang dalam satu papan, bekerja secara real-time dalam satu proyek. Anda dapat berbagi satu papan dengan seluruh grup obrolan, dan Anda dapat mengubah izin termasuk siapa yang dapat mengedit, siapa yang dapat mengundang, dan menonaktifkan undangan berbasis tautan selama proses undangan. akan muncul di seluruh perangkat. Tidak dapat menemukan aplikasi Freeform? Pastikan Anda telah memperbarui iPhone, iPad, atau Mac ke rilis perangkat lunak terbaru dari Apple. Anda akan menemukannya di Pengaturan (Sistem) > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. kanvas yang akan muncul di semua perangkat Anda. Ini bagus untuk membuat papan suasana hati sederhana, diagram laba-laba, dan peta pikiran untuk mengembangkan ide pada skala pribadi atau kolaboratif. Jika Anda cenderung artistik, Anda harus menemukan alat gambar yang disertakan cukup untuk membuat sketsa, garis besar kasar, dan bukti konsep. Ini bisa dibilang bekerja paling baik dengan stylus seperti Pensil Apple di iPad, dan itu jauh dari menggambar aplikasi seperti Procreate.

Sebagai alat kolaboratif, Freeform memiliki potensi yang serius. Setelah Anda mengundang orang lain untuk berbagi papan Anda, Anda dapat berkolaborasi dalam waktu nyata, lengkap dengan integrasi FaceTime bawaan (klik atau ketuk tombol kolaborasi, lalu tekan tombol “Audio” atau “Video” untuk memulai).

The app bahkan ideal untuk kolaborasi di tingkat lokal, seperti saat MacBook Anda tersambung ke proyektor dalam rapat. Papan nantinya dapat dicetak atau dibagikan dengan anggota lain yang membutuhkan akses ke sana. Anda juga dapat mengekspor papan sebagai PDF untuk diarsipkan atau dibagikan dengan klien atau mereka yang tidak memiliki perangkat yang kompatibel.

Tidak Suka Freeform? Hapus

Bentuk bebas sudah diinstal sebelumnya di iPhone atau iPad, tetapi Anda dapat menghapusnya jika tidak menginginkannya. Di iPhone atau iPad, ketuk dan tahan ikon aplikasi lalu tekan “Hapus Aplikasi” diikuti dengan “Hapus Aplikasi” saat diminta. Anda tidak dapat menghapus Freeform dari macOS.

Jika Anda telah menghapus app dan ingin mendapatkannya kembali, Anda dapat menginstalnya kembali dari App Store. Mencari alternatif untuk Freeform yang berfungsi di seluruh sistem operasi? Coba Microsoft Whiteboard sebagai gantinya.

Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top