Firefox 112 Akan Membiarkan Pengguna Ubuntu Mengimpor Data Browser dari Chromium Snap

  • Post author:
  • Post category:Linux


Firefox 112, rilis besar berikutnya dari browser web open-source dan lintas platform yang populer, saat ini tersedia untuk pengujian beta publik yang menjanjikan beberapa perubahan menarik bagi pengguna Linux.

Dengan rilis Firefox 112 yang akan datang, Mozilla berjanji untuk mengizinkan pengguna Linux Ubuntu mengimpor data browser mereka dari paket Chromium Snap. Namun, Mozilla mengatakan bahwa fitur ini saat ini hanya berfungsi ketika Firefox tidak diinstal sebagai paket Snap juga.

Saya telah menguji fitur ini dengan rilis beta Firefox 112 terbaru menggunakan paket biner resmi dan berfungsi, seperti yang dapat Anda lihat dari tangkapan layar di bawah.

Chromium muncul dalam daftar browser web yang didukung saat mencoba mengimpor data browser menggunakan fitur Impor dan Cadangan di bawah Bookmark > Kelola bookmark (Ctrl+Shift+O).

Mozilla tidak mengatakan apakah fitur ini akan berfungsi jika Firefox diinstal sebagai aplikasi Flatpak atau sebagai paket DEB asli, tetapi mereka berjanji untuk membuatnya berfungsi dengan paket Firefox Snap karena ini adalah fitur untuk pengguna Ubuntu.

Mozilla juga berjanji untuk memberikan dukungan untuk autentikator FIDO2 / WebAuthn melalui USB di Linux di Firefox 112 , mengingat fakta bahwa fitur canggih seperti login tanpa kata sandi sepenuhnya akan mengharuskan pengguna menyetel PIN pada authenticator.

Perubahan penting lainnya di Firefox 112 mencakup kemampuan untuk veal kata sandi pada bidang kata sandi dengan mengklik kanan pada mereka, kemampuan untuk menutup tab di panel daftar tab di bilah tab dengan mengklik tengah item dalam daftar itu, serta kemampuan untuk memulihkan sesi sebelumnya dengan menggunakan Ctrl+ Shift+T jika tidak ada lagi tab yang ditutup untuk dibuka kembali.

Selain itu, Firefox 112 memperbarui tombol “Hapus” pada panel pemilih tanggal untuk memungkinkan pengguna menghapus input dengan cepat dengan mengetik “date” atau “datetime-local ” dan memberikan pengalaman yang familier di seluruh browser, dan menonaktifkan U2F Javascript API yang tidak digunakan lagi secara default.

Mozilla berencana untuk merilis versi final Firefox 112 pada 11 April 2023. Hingga saat itu, Anda dapat menguji sendiri fitur dan peningkatan baru dengan mengunduh versi beta terbaru dari situs web resmi.

Sumber: Google, 9to5linux.com